BEDA GAYA CAFE RACER – YAMAHA RX-Z 135 1995

Bagi Erry Herdjuno motor adalah personifikasi diri, pun begitu saat pria yang bekerja di Departemen Luar Negeri ini berniat mengubah Yamaha RX-Z 135 lansiran 1995 miliknya ini. Mencoba hunting beberapa konsep akhirnya dipilih tema kustomisasi ala Cafe Racer untuk motor dengan konfigurasi mesin 1 silinder 2 langkah yang dibuat oleh Yamaha Motor Corporation sebagai penerus Yamaha RD125 dan memulai debutnya pada tahun 1987 ini. Bikers tanah air pun cukup akrab dengan motor ini karena pernah digandrungi anak-anak muda pada medio 1990-an. “Saya suka liat tampilan klasik Cafe Racer mas, apalagi setelah liat kustomisasi Yamaha RD350 racikan builder luar, kayaknya pas untuk bisa diterapkan di Yamaha RXZ saya ini…”, begitu ucap pria yang baru saja menunaikan tugas kerja di Filipina ini saat berdiskusi soa ubahan pada motor kesayangannya ini. Kelar diskusi soal ubahan dan finalisasi konsep maka dimulailah proses pengerjaan untuk membangkitkan romantisme balap jadul era 1970-an ini.

Langkah awal melucuti seluruh bodi bawaan motor, lanjut proses pembuatan bodi menggunakan plat galvanil 1,2 mm dibentuk sesuai dengan konsep yang diinginkan oleh Bro Erry, ala Classic Cafe Racer. Kelar proses pengerjaan bodi giliran Komet Studio ambil peranan, laburan warna hitam dipadu dengan warna emas lansiran Spies Hecker mampu memberikan aura tersendiri tanpa mengorbankan kesan klasik yang ingin ditampilkan oleh sang mpu-nya motor. Tidak lupa untuk semakin mengentalkan personifikasi Bro Erry meminta namanya dibubuhkan dibagian atas tangki. Sektor kaki-kaki tak luput dari perhatian, penggantian shock depan menggunakan copotan Yamaha Byson dengan diameter as teleskopik 41 mm dirasa cukup untuk menampilkan kesan kekar. Lengan ayun dibuat custom mengandalkan pipa seamless 1,25 inch berpadu dengan shock belakang berlabel YSS. Pada bagian lingkar roda pemilihan velg TK Japan 18X3 Inch untuk depan dan belakang cukup manis bersanding dengan ban Firestone Deluxe Champion 3.50-18 untuk depan dan Avon Safety Mileage 4.00-18 pada bagian belakang. Pamungkas beberapa peranti dipasangkan untuk menunjang tampilan keseluruhan dari kustomisasi ini, footstep menggamit NUI Project, stang menggunakan labelan Ride It dan beberapa peranti lain yang dirasa cukup harmonis. Tidak lupa untuk meningkatkan performa karbu original ditukar dengan Keihin PWK 28 Sudco dan aliran gas buang diperlancar mengandalkan knalpot custom racikan Flash Muffler Custom.

Kelar proses pengerjaan yang memakan waktu hampir 3 bulan ini sanggup membuat tampilan RX-Z ini menjadi jauh lebih segar ditambah sesuai dengan keinginan Bro Erry untuk bisa mengembalikan romantisme balap jadul saat riding menggunakan motor kesayangannya ini. “Pas seperti yang saya bayangkan mas, detail apik ditambah permainan warna plus pemilihan part-part yang tepat membuat tampilan motor ini secara keseluruhan menjadi jauh lebih segar….”, ucap Bro Erry saat melihat hasil akhir ubahan motornya ini. Like we said Bro, It’s not a bike – it’s a cafe racer.

 

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg TK Japan 18X3.00 Inch
  • Ban Depan Firestone Deluxe Champion 3.50-18
  • Ban Belakang Avon Safety Mileage MK2 4.00-18
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Karbu Keihin PWK 28 Sudco
  • Filter Udara TDR
  • Footstep NUI Project
  • Knalpot Custom by Flash Muffler

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

1 thought on “BEDA GAYA CAFE RACER – YAMAHA RX-Z 135 1995

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *