CAFE IN BLACK ALA PELAJAR – SUZUKI GSX750 ’89

Beruntung Russell memiliki ayah seperti Hendra Lukman yang sangat mengakomodir hobby putranya. Seringnya pelajar SMP kelas 9 disalah satu sekolah swasta di Jakarta ini berselancar didunia maya membuat gejolak jiwa mudanya tidak tertahankan saat melihat tampilan modifikasi Cafe Racer yang memang sedang hip di dalam dan diluar negeri. “Dia lagi kegila-gila sama Cafe Racer Don, makanya gua bawa kesini supaya bisa diskusi soal konsep ubahan dan juga bahan motor yang akan kita pakai…”, begitu ucap Hendra Lukman saat bertandang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike bersama dengan buah hati tercintanya. Konsep dipilih langsung oleh Russell saat melihat garapan Honda CB750 dari rumah modifikasi Wrenchmonkees, giliran pilihan motor sang ayah sepakat menggunakan basic motor Suzuki GSX750 lansiran tahun 1989. “Sekalian aja Don, lagian nanti kalau dia masuk SMU ada aturan non formal yang melarang siswa kelas 10 dan 11 bawa ke sekolah, dan lagi kalo pake motor cc gede juga ada kepuasan tersendiri pastinya…”, ujar ayah dari Russel yang terlihat masih sangat funky ini. Motor sudah dipilih, konsep sudah disepakati, giliran proses kustomisasi dimulai.

Kaki-kaki bawaan GSX750 dilungsurkan untuk berganti tempat dengan shock depan teleskopik copotan Suzuki Bandit 400 yang memiliki diameter as shock 41 mm. Untuk bagian belakang lengan ayun custom bersanding dengan shock progressive SHOWA dirasa sudah lebih dari cukup untuk dapat menampilkan kesan kekar. Untuk lingkar roda velg jari-jari TK Japan 18X3.00 Inch dan 18X3.50 Inch dipasang dengan tromol custom berpadu manis dengan ban Firestone Deluxe Champion 4.50-18. “Kesan klasik yang saya mau tonjolin Om…”, ujar Russell yang juga hobi menabuh drum ini saat ditanya pilihan ban yang akan digunakan. Di bagian bodi dengan mengandalkan plat galvanil 1.2 mm tangki serta bagian buntut dibuat seperti konsep yang diinginkan Russell, hanya saja Russell berpesan dibagian buritan dibuat seolah-olah ban belakang tenggelam didalam buntut tawonnya. “Suka banget om liat garapan Honda CL350 Studio Motor, makanya saya ingin bagian belakang dibuat hampir sama yah Om…”, pesannya sesaat sebelum proses pembentukan bodi dimulai. Proses dilanjut dengan melabur bodi dengan warna solid black lansiran Spies Hecker berikut dengan pernisnya yang dipercayakan pada Komet Studio yang juga selama ini berperan menjadi unit divisi painting & airbrush STUDIO MOTOR Custom Bike. Stripping minimalis dengan garis putih simetris disematkan juga saat melabur bodi, plus tidak lupa membubuhkan angka 97 di sisi kiri dan kanan bagian ekor yang merupakan tahun kelahiran Russell. Kelar pembuatan bodi serta pengecatan lanjut dengan memasangkan part-part aftermarket sebagai penunjang tampilan, mulai dari stang jepit berlabel Ride It, footstep NUI Project, lampu depan dan belakang aftermarket serta beberapa peranti lainnya. Tampilan mesin dipercantik dengan laburan powder coating hitan serta polishing di beberapa bagian seperti cover crankcase dan cover magnet. Pamungkas filter udara Koso dan knalpot custom racikan Flash Muffler Custom semakin memperlancar udara yang masuk ke ruang bakar serta aliran gas buang dengan suara yang menggelegar.

Kelar project kustomisasi Suzuki GSX750 ini menjadi kado manis bagi Russel yang pada bulan ini genap berusia 16 tahun. “Wah mantap Om, pas seperti bayangan saya selama ini, paling harus menyesuaikan dan memperlancar menunggangi motor ini. Black in Cafe Racer Om….”, tukasnya saat melihat hasil dari project yang sangat di support oleh ayahnya ini. Pun begitu rasa senang ditunjukkan  oleh sang ayah yang memang hobby otomotif ini saat melihat hasil ubahan GSX750 putra-nya tersebut. “Sekarang giliran gua Don, pengennya bangun HD aja, cuma mau mastiin dari basic mesin Sportster atau sekalian pake big twin seperti menggunakan mesin dari varian Softail…”, tutup pria ramah ini saat menjajal GSX750 Cafe Racer ini. Start your engine Bro, life begin’s at 100 Kph. Don’t forget to keep ride safety.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Suzuki Bandit 400
  • Lengan Ayun Custom
  • Shock Belakang Showa
  • Velg TK Japan 18X3.00 Inch & 18X3.50 Inch
  • Ban Firestone Deluxe Champion 4.50-18
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Footstep NUI Project
  • Filter Udara Koso
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *