CUSTOM ITU IBARAT PERKAWINAN – HARLEY DAVIDSON SPORTSTER XL883 ’07

Motor custom itu ibarat perkawinan bagi Arief Munandar, layaknya sebuah ikatan suci perkawinan ada ikatan emosional didalamnya, bukan hanya sekedar memilih, membeli lalu menungganginya. “Mungkin ubahan minor yang kita lakukan Mas, tapi paling tidak refleksi dan personifikasi saya ada di motor kesayangan ini…”, begitu ucap pria ramah yang bekerja disalah satu perusahaan swasta nasional ini saat berdiskusi soal ubahan yang akan dilakukan di Harley Davidson Sportster XL883 lansiran 2007 miliknya. Kepincut tampilan bobber ala HD Sportster XL1200 Forty Eight akhirnya konsep ala bobber dipilih dengan mempertimbangkan unsur kenyamanan dan juga simplisitas karena motor ini memang digunakan Bro Arief untuk aktifitas hariannya.

Ubahan awal dititikberatkan dengan melucuti bodi asli dan juga lingkar roda bawaan motor. Bentuk ubahan bodi meliputi tangki, spatboard depan dan belakang dibuat mengandalkan plat galvanil dengan ketebalan 1.2mm dengan coba mengikuti bentukan asli bawaan dari HD Sportster XL1200 Forty Eight. Untuk sektor kaki-kaki tadinya Bro Arief menginginkan menggunakan velg jari-jari dengan diameter 16 inch sama seperti halnya Sportster Forty Eight idamannya, tapi saat ditengah jalan ditawari lungsuran velg 16 inch bawaan Harley Davidson Fatboy Thunder Star berdimensi 16X3 Inch untuk depan dan belakang dengan model palang lima yang cukup tegas membuat Bro Arief mengubah keinginannya. “Model velgnya pas, palang lima-nya cukup tegas dan yang pasti modelnya bakal abadi nih Mas…”, ujarnya saat melihat bentuk velg yang ditawarkan ini. Saat pemasangan dibagian belakang tidak ada kendala sama sekali, hanya sedikit mengakali agar puli belakang dan lingkar cakram bawaan motor dapat terpasang sempurna dikarenakan posisi asli puli Fatboy berada disebelah kiri, berbeda dengan Sportster yang memang berada di sebelah kanan. Pada bagian depan kendala terjadi karena lebar segitiga shock depan yang cukup sempit hingga pada akhirnya dibuatkan segitiga custom dengan bahan dasar alumunium plus dengan bentuk layaknya segitiga asli bawaan motor. Masuk proses pengecatan dipilih laburan warna hitam doff untuk menampilkan kesan garang plus gagah yang memang diidamkan oleh Bro Arief. Pada proses ini Komet Studio cukup percaya diri melabur warna hitam lansiran Sikkens berikut pernis doff-nya. Hal yang sama dilakukan pada bagian mesin, seluruhnya dilabur warna hitam dengan proses powder coating yang makin mengentalkan sosok Sportster 883 ini jauh lebih berkarakter. Melancarkan aliran gas buang dari motor yang sudah menggunakan sistem injeksi untuk memasok bahan bakar ini bro Arief memilih saluran buang berlabel Vance & Hines Short Shots yang memang sering menjadi pilihan para pencinta HD saat mengganti saluran buang orisinil bawaan motornya.

“Ahhh…ini yang saya mau Mas, simpel, elegan tapi beda dengan standar Sportster 883 aslinya. Tadinya kepikir untuk ganti motor ini sama Sportster Forty Eight Mas, tapi kok kalo sedikit-sedikit cuma beli kayak melacur aja jadinya, tinggal beli terus naikin, gak tumbuh ikatan emosional menurut saya. Justru saat proses kustomisasi-nya yang seru…”, ucap Bro Arief saat melihat hasil akhir ubahan Sportster XL883 miliknya ini. Ssst….diam-diam Bro Arief sudah menyiapkan Softail Deuce Twin Cam Engine 1450 lansiran 2001 loh untuk kembali digarap. “Tinggal nyari-nyari konsep yang pas yah Mas, tetep dengan ubahan yang simpel dan fungsional…”, tutupnya sambil meninggalkan workshop STUDIO MOTOR Custom Bike untuk menjajal motornya tersebut. Mantap!!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg HD Fatboy Thunder Star 16X3 Inch
  • Ban Depan Dunlop D402 MT90-16
  • Ban Belakang Dunlop D401 150/80-16
  • Segitiga Depan Custom Alumunium
  • Lampu Belakang Aftermarket
  • Stang Aftermarket
  • Exhaust by Vance & Hines Short Shots

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

1 thought on “CUSTOM ITU IBARAT PERKAWINAN – HARLEY DAVIDSON SPORTSTER XL883 ’07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *