EL CALLES DIOS – YAMAHA XS650 ’78

Mungkin julukan EL CALLES DIOS bagi Yamaha XS650 lansiran 1978 milik Gunawan Santoso ini diberikan untuk memberikan apresiasi khusus untuk motor yang memang menjadi salah satu legenda keluaran Yamaha Motor Company yang diproduksi pada medio tahun 1968-1985. “EL CALLES DIOS artinya Dewa Jalanan Mas dalam bahasa Spanyol, gali info soal motor ini ternyata memang produk yang cukup sukses dikeluarkan oleh Yamaha…”, ungkap pria yang berbisnis dibidang IT ini. Dengan basic mesin 654 cc 2 cylinder yang bisa mengail tenaga sampai 50 Hp @ 7200 Rpm dan raihan torsi 54 Nm @ 6800 Rpm, cukup pantas bila Kenny Roberts pernah menjuarai AMA Professional Dirt Track Racing menggunakan motor ini. Karena faktor itu lah Bro Gunawan rela berburu engine Yamaha XS650 untuk dijadikan tampilan ala bobber jalanan. Diskusi soal pemilihan part-part dan keseluruhan konsep final dibahas, maka dimulailah pengerjaaan Yamaha XS650 ini.

Langkah awal difokuskan meremajakan sektor mesin karena memang didapat dengan kondisi yang kurang segar. Seluruh jeroan yang bermasalah diganti agar nantinya minim problem kedepannya. Setelah bagian mesin selesai lanjut pada pemasangan mesin di rangka bawaaan Kawasaki EN-400. Sektor kaki-kaki dipilih shock teleskopik dengan diameter as 41 mm berpadu dengan segitiga custom yang di finishing chrome. Lingkar roda depan mengandalkan velg dengan ukuran 16X3 inch yang dililit karet bundar Michelin Harley Davidson 130/90-16. Di bagian buritan velg 16X4 inch yang bersanding dengan ban Michelin Harley Davidson 150/80-16 dipasangkan untuk lebih menampilkan gaya bobber yang kental. Shock belakang dipercayakan pada copotan HD Sportster yang dirasa cukup mumpuni meredam ayunan di segala kondisi jalan. Kelar aplikasi bagian kaki-kaki giliran proses pengerjaan bodi. Mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm bagian bodi seperti tangki dan spatboard belakang dibuat sesimpel mungkin khas tampilan motor-motor bergaya bobber. Setelahnya giliran Komet Studio ambil bagian pada proses pengecatan dan airbrush, bodi dilabur dengan warna hitam dan coklat dengan motif guratan batik tribal serta permainan pen stripping. Material base coat dan pernis mengandalkan produk Sikkens yang mampu memberikan efek wet look. Pamungkas proses pengerjaan lebih diutamakan memberikan kesan resik dengan melabur beberapa bagian dengan finishing chrome dan juga memasangkan peranti yang mendukung tampilan akhir dari ubahan keseluruhan Yamaha XS650 ini.

Kelar proses pengerjaan EL CALLES DIOS dengan basic Yamaha XS650 ini cukup bisa memberikan kesan tersendiri dari tampilan motor ini. “Gak sia-sia ya Mas pengorbanan untuk bangun motor ini, terutama waktu saat kita membereskan bagian mesin, sempat dag dig dug Mas pas pertama kali mau dinyalakan…”, ucap Bro Gunawan saat melihat hasil akhir dari pegerjaan Yamaha XS650 miliknya ini. Pun begitu beberapa orang yang kebetulan berkunjung ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike memberikan apresiasi yang cukup positif melihat tampilan akhir motor ini.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Teleskopik 41 mm
  • Shock Belakang HD Sportster
  • Velg Depan 16X3 Inch + Michelin Harley Davidson 130/90-16
  • Velg Belakang 16X4 Inch + Michelin Harley Davidson 150/80-16
  • Hub Roda Belakang Suzuki GT750
  • Stang Fatbar
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *