HONDA LOVER ALA DUFF RIDER – HONDA CB750 SC ’90

Khadafi Mukrom mungkin bisa disebut sebagai pecinta motor-motor keluaran Honda. Dimulai dengan memboyong Honda CBR250 yang digunakan sebagai tunggangan kesayangannya sekaligus juga membuat pria ramah ini menjabat sebagai Ketua Umum Honda CBR250 Club sampai sekarang. Setelah itu lanjut keracunan custom ala Cafe Racer dengan basic Honda CB400 Superfour (http://www.studiomotor.com/?p=125) dan belum puas sampai disitu langsung meminang sebuah Honda CB750 SC lansiran 1990 untuk dilakukan ubahan ala CRD Motorcycle. “Dari awal saya memang suka dengan motor-motor pabrikan Honda Mas…”, celetuknya disuatu kesempatan. Alasan pria yang akrab disapa Dafi ini memilih Honda CB750 SC karena menurutnya memiliki mesin yang pas dan tangguh untuk di kustomisasi sesuai konsep yang diinginkannya. “Bayangin mas konfigurasi 4 cylinder segaris DOHC dengan kapasitas bersih 747 cc atau setara 45,6 cu in plus dukungan 4 karbu Keihin 34 mm mampu mendongkrak tenaga maksimal sampai 75 hp pasti enak banget buat dibejek pas riding…”, begitu ucapnya saat menyebutkan motor yang akan digunakan pada project kustomisasi kedua yang akan dikerjakan saat berada di workshop STUDIO MOTOR Custom Bike. Pemilihan konsep sudah disepakati berikut dengan pilihan part-part yang akan dipakai pada project kali ini dengan tetap mengentalkan tampilan vintage style yang memang sedang naik daun tiga tahun belakangan ini.

Ubahan awal fokus pada membuat bodi baru dengan melungsurkan bodi lama bawaan motor. Menggunakan material plat galvanil 1.2 mm bentuk tangki dibuat sesuai konsep yang menjadi impian Bro Dafi. Saat proses pengecatan dipilih warna Dark Brown dengan sedikit laburan Solid White dibagian bawah dengan mengandalkan cat dan pernis labelan Sikkens. “Jangan lupa Mas membubuhkan logo kesayangan saya DUFF RIDER yang menjadi ciri khas selama ini…”, pesannya saat proses pengecatan dilakukan. Alas duduk juga dipilih warna yang hampir senada dengan dibungkus bahan kulit asli keluaran Mastrotto semakin menambah kesan vintage yang memang menjadi tujuan Bro Dafi. Sektor kaki-kaki tidak banyak ubahan yang dilakukan, shock depan serta lengan ayun bawaan motor dirasa masih sangat mumpuni untuk tetap digunakan, hanya saja shock belakang diganti karena dirasa sudah tidak maksimal, pilihannya jatuh pada shock berlabel YSS. Velg depan dan belakang sang mpu-nya motor percaya diri untuk mengganti velg asli dengan pilihan velg palang lima bawaan Honda CB750 generasi awal yang mengusung merk DID Japan dengan dimensi 19X2.15 Inch untuk depan dan 18X2.15 Inch dibagian buritan, sangat pas bersanding dengan ban Firestone Deluxe Champion 4.00-19 dan 4.50-18 untuk lingkar velg depan dan belakang. Peranti lain dipasangkan untuk menyesuaikan dengan tampilan akhir yang diinginkan, lampu depan dan belakang aftermarket, stang fatbar keluaran Renthal, knalpot custom racikan Flash Muffler Custom dan beberapa part yang dipilih sesuai dengan konsep kustomisasi Honda CB750 SC ini. Gak lupa beberapa bagian juga dilabur chrome untuk menampilkan kesan resik seperti permintaan Bro Dafi. Sektor mesin tidak dikutak-katik sama sekali, sekedar membersihkan jeroan mesin dan mengganti paking-paking yang sudah mulai mengeras lalu lanjut dengan melabur blok dan head silinder dengan warna hitam doff menggunakan teknik powder coating yang diyakini minim terjadi pengelupasan akibat panas mesin.

Kelar pengerjaan Honda CB750 SC bergaya ala CRD Motorcycle itu seperti membuat motor legendaris keluaran Honda ini balik pada masa era kejayaannya. Bobot yang ringan dengan mesin yang cukup kencang memang membuat motor ini memiliki penggemar tersendiri. “Tampilannya pas Mas dengan warna yang cukup elegan, gak sabar rasanya untuk cepet-cepet nungganginnya….”, ujarnya saat melihat tampilan keseluruhan dari project kustomisasinya kali ini. Tanggapan positif terhadap tampilan baru Honda CB750 SC ini juga datang dari setiap orang yang berkunjung ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike, begitu juga saat THE DUFF RIDER (julukan yang diberikan Bro Dafi untuk motor ini) dipajang di stand STUDIO MOTOR saat berlangsung event otomotif di Senayan baru-baru ini, pengunjung yang datang cukup banyak yang menyukai tampilan baru dari Honda CB750 SC kepunyaan Bro Dafi tersebut.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg DID Japan 19X2.15 Inch (F) & 18X2.15 Inch (R)
  • Ban Firestone Deluxe Champion 4.00-19 (F) & 4.50-18 (R)
  • Stang Renthal
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Shock Belakang YSS
  • Rantai TK Japan
  • RPM Koso
  • Exhaust Custom by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

2 thoughts on “HONDA LOVER ALA DUFF RIDER – HONDA CB750 SC ’90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *