KAWASAKI NINJA 250 ’08 – CAFE’ RACER

Ada kepuasan tersendiri saat melakukan proses modifikasi pada Kawasaki Ninja 250 lansiran 2008 ini. Proses pengerjaan yang cukup menguras energi terbayar dengan hasil yang menurut saya sangat signifikan walaupun saya akui masih ada sedikit kekurangan pada hasil akhirnya, tapi buat saya biarlah itu jadi pembelajaran untuk dapat menelurkan karya-karya modifikasi yang berkualitas di kemudian hari.
Awal pertemuan dengan Bro Arto Soebiantoro pemilik Ninja 250 ini dimulai saat dia berkunjung ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike, diskusi awal lebih pada keinginan brother yang juga putra kandung salah satu legenda pemandu acara (MC/Master of Ceremony) di Indonesia ini untuk dapat dibuatkan motor dengan modifikasi yang berkiblat ke genre Cafe’ Racer. Lucunya pada saat diskusi tersebut Bro Arto malah belum memiliki motor yang akan menjadi “bahan” modifikasinya, justru yang terjadi adalah tukar pikiran panjang mengenai motor apa yang akan menjadi sasaran untuk eksekusi modifikasi Cafe’ Racer. Dua pilihan ditentukan antara Yamaha Scorpio dan Kawasaki Ninja 250 sampai akhirnya dipilih Ninja 250 karena Bro Arto kepincut dengan raungan mesin khas dua silinder-nya. “Lagian dengan modal motor yang sudah cukup berkarakter malah lebih enak Mas untuk kita acak-acak menjadi Cafe’ Racer idaman gue…”, begitu ucapnya saat keputusan untuk memilih motor disepakati.

Motor dibeli dan langsung diboyong untuk segera di eksekusi, pilihan menjejalkan kaki-kaki besar dari lungsuran Suzuki GSXR-750 didasari pada keinginan untuk membuat motor nantinya menjadi lebih macho dan lebih kental aura balapnya. Setelah sektor kaki-kaki terpasang proses pengerjaan bodi serta melakukan sedikit kustomisasi pada sektor rangka pun dimulai. Wadah bahan bakar dibuat dari plat galvanis dengan ketebalan 1.2 mm serta buntut tawon khas Cafe’ Racer yang dibuat dari cetakan fiber. Finishing dilakukan dengan melaburi sekujur bodi dengan warna dasar merah menggunakan material cat dan pernis keluaran Sikkens ditambah memberikan aksentuasi stripping putih sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan Bro Arto terhadap tanah air Indonesia.

Selebihnya dapat dilihat dan dinikmati hasil modifikasi ini dari foto-foto dibawah yang diambil saat untuk pertama kalinya motor ini muncul di ajang Otobursa Tumplek Blek 21 – 22 Mei 2011 kemarin di Parkir Timur Senayan. Animo dan komentar positif pengunjung terhadap ubahan Kawasaki Ninja 250 ini cukup membuat saya terpecut untuk dapat terus menghasilkan karya-karya terbaik yang dapat memberikan warna tersendiri bagi perkembangan modifikasi roda dua di Indonesia.

klik foto untuk memperbesar gambar













Foto : Rinal & Gala TARTAROZ, Koleksi Pribadi

Spesifikasi :

  • Upside Down Suzuki GSXR-750
  • Swing Arm Suzuki GSXR-750
  • Velg Suzuki GSXR-750 (3,5 & 5.5 Inch)
  • Ban depan Metzeler Sportec 120/70-17
  • Ban belakang Metzeler Sportec 190/55-17
  • Master & Rem TOKICO
  • Body custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Cat & Pernis Sikkens (Painting & Airbrush by KOMET STUDIO)
  • Lampu depan Yamaha Vixion
  • Lampu belakang aftermarket
  • Knalpot SPORTISI
  • Filter udara K&N
  • Rantai TK Japan

Salam,
STUDIO MOTOR Custom Bike

1 thought on “KAWASAKI NINJA 250 ’08 – CAFE’ RACER

  1. >Good job Donny, it's great to know the cafe spirit is flourishing, especially in your country indonesia. I'm waiting for the next cafe from you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *