MANX STYLE – BSA M33 ’52

Kecintaan pada motor-motor racikan Inggris Raya dan tampilan modifikasi ala Cafe Racer tidak membuat Totot Susanto berhenti untuk melakukan kustomisasi pada motor-motor koleksinya. Setelah Matchless berbenah dengan gaya Cafe Racer kali ini giliran BSA M33 yang digiring ke workshop Studio Motor Custom Bike untuk diubah dengan tetap memilih aliran Cafe Racer yang digemarinya. “Kali ini saya betul-betul tertarik dengan tampilan Norton Manx yang saya lihat di salah satu situs luar negeri, tapi dengan sedikit sentuhan ide yang bisa kita terapkan dihasil akhirnya nanti Mas…”, begitu ucap pria bersahaja ini saat berdiskusi mengenai ubahan yang akan dilakukan. Kelar mengutarakan keinginannya langsung dimulai proses pengerjaan motor ini.

Tahap awal pengerjaan dimulai dengan membuat bagian bodi meliputi tangki, spatboard serta bagian buritan ala buntut tawon yang menjadi ciri khas dari Cafe Racer. Tetap mempercayakan material plat galvanil dengan ketebalan 1.2 mm diusahakan semaksimal mungkin semirip tangki Norton Manx. Kelar proses pembuatan bodi lanjut dengan pengecatan yang dilakukan Komet Studio. Laburan silver mengandalkan cat labelan Sikkens dengan stripping minimalis yang juga mengikuti konsep yang diinginkan dipadu manis dengan logo khas BSA di kiri dan kanan tangki. Shock depan cukup mengandalkan copotan Yamaha Byson yang memang sudah memiliki diameter as shock yang pas sesuai yang diinginkan. Velg depan dan belakang menggamit labelan TK Japan diameter 19X2.15 Inch bersanding dengan ban klasik Firestone Deluxe Champion 4.00-19. Tromol depan dan belakang sudah disiapkan oleh Pak Santo yang menurut infonya adalah copotan motor Inggris lain, Triumph. “Cuma saya lupa Mas tipenya apa, soalnya sudah cukup lama menyimpan tromol tersebut…”, ujarnya saat ditanya soal tromol yang dipilih. Shock belakang dipilih Red Wing Shock Absorber yang memang bisa lebih menonjolkan tampilan klasik dari keseluruhan ubahan motor ini. Handle Bar menggunakan copotan CBR400 serta beberapa pilihan parts yang menyesuaikan bentuk akhir BSA Manx ini seperti lampu-lampu aftermarket dan juga knalpot racikan Jet Hot berbahan stainless steel.

Sampai pada tahap ubahan motor ini nyari selesai beberapa tambahan diminta oleh Pak Santo seperti cover lampu depan beserta windshield-nya serta penambahan plat number dibagian samping kanan BSA ini. Hanya saja sampai dengan sesi foto berlangsung pekerjaan tambahan tersebut belum rampung dikerjakan. Toh biar bagaimanapun sosok BSA ini sudah bisa menghipnotis para penggila Cafe Racer yang kebetulan singgah di workshop Studio Motor Custom Bike ataupun pas saat pertama kali BSA ini ditampilkan pada event Otobursa Tumplek Blek pada bulan Mei 2012 lalu. 


Klik foto untuk memperbesar gambar

Photo by ENDRO SURYONO (MOTORPLUS & BIKERS Magazine)

 
Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan 41 mm ex. Yamaha Byson
  • Velg Depan TK Japan 19X2.15 Inch + Firestone Deluxe Champion 4.00-19
  • Velg Belakang TK Japan 19X2.15 Inch + Firestone Deluxe Champion 4.00-19
  • Handle Bar ex. Honda CBR400
  • Shock Belakang Red Wing Shocks
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Karburator KOSO
  • Knalpot Custom by Jet Hot



STUDIO MOTOR Custom Bike
 

2 thoughts on “MANX STYLE – BSA M33 ’52

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *