MODERN DENGAN SENTUHAN BUDAYA – HONDA SHADOW 1100 ’93

 
Bagi Adhy Setiawan kustomisasi adalah soal idealisme dan personifikasi diri. Tampilan Honda Shadow 1100 lansiran tahun 1993 miliknya dirasa sudah butuh penyegaran, bukan tampilan chopper atau ala traditional old school yang diinginkan Bro Ibenk, begitu biasa dia disapa, seperti pada kebanyakan orang melakukan kustomisasi pada mesin-mesin V-Engine, tapi tampilan ala Modern Pro Street yang menjadi idamannya.”Gua pengen motor ini dibikin lebih segar Bro, yang gue liat sih Pro Street Bobber sangat mewakili apa yang gue pengenin, selebihnya gue percaya lo bisa berkreasi lebih luas di motor ini…”, begitu ujar pria yang bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi ini saat berdiskusi via telepon mengenai konsep ubahan yang diinginkannya. Beberapa konsep ubahan ditawarkan, sepakat menggabungkan beberapa konsep yang dipilih maka dimulailah pengerjaan Honda Shadow 1100 ini.
 
Langkah awal melucuti bodi-bodi bawaan motor hingga terlihat jelas model sasis bawaannya. Cukup melepas pedang-pedangan di area sub frame belakang karena dirasa sayang untuk mengacak-ngacak sasis orisinal lalu lanjut dengan melakukan setting terhadap sektor kaki-kaki. Velg bawaan motor digantikan dengan velg custom ukuran 19X3,5 Inch dan 18X4,5 Inch untuk bagian depan dan belakang berbalut karet hitam Avon Cobra 120/70-19 dan 180/55-18. Ide awal mengganti shock depan diurungkan karena melihat shock dari motor ini sudah memiliki diameter as shock cukup besar, 41 mm, hanya saja dilakukan langkah memendekkan as shock sekitar 7 cm untuk membuat bagian depan motor lebih pendek dari kondisi awal. Kelar pengerjaan di sektor kaki-kaki lanjut menggarap bagian bodi, mengandalkan plat galvanil dengan tebal 1,2 mm bagian tangki dibuat tetap mengarah pada model tear drop sedangkan pada bagian buritan sepakat untuk dibentuk ala buritan Cafe Racer dengan bentuk membulat yang sedikit menutup bagian atas roda belakang. Lebih manis karena pada area lampu depan juga dipasangkan cover penutup lampu dengan bentuk yang sengaja menampilan kesan modern pada hasil akhir motor ini nantinya. Terus dimana unsur budaya yang mewakili motor ini? Coba perhatikan laburan airbrush motor ini yang sukses digarap Komet Studio. Empat motif batik dilukis dengan indah berpadu warna hitam yang dominan dan stripping gold dibagian atasnya. Disini motif batik Cirebon, Parang Kesumo, Truntum dan Ksatrian dibuat oleh Komet Studio seperti berada dibagian bawah cat. “Luar biasa bro, perpaduan warna yang pas dan motif batik yang indah tapi tidak terkesan menonjol….”, ucap Bro Ibenk saat dikirimkan foto hasil pengecatan pada motornya ini. Pada proses finishing-nya beberapa parts pendukung berusaha disesuaikan dengan tampilan keseluruhan kustomisasi ini. Stang custom ala drag bar, lampu depan dan belakang aftermarket, forward control kit custom serta tutup tangki labelan Rolland Sands Design mampu mewujudkan tampilan Pro Street Bobber yang maksimal pada hasil akhir kustomisasi Honda Shadow 1100 ini. Pamungkas knalpot custom free flow racikan Flash membuat suara yang keluar dari mesin V-Engine Japan ini menggelegar.

Kelar ubahan dengan tampilan yang apik dan pas cukup banyak medapatkan apresiasi positif dari setiap orang yang datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike, begitu juga sang mpu-nya motor. “Gak sabar rasanya pengen riding Bro, tampilan akhir pas seperti yang gue bayangin, elegannya dapet plus tetap mampu menampilkan kesan liar pada motor ini…”, tutupnya saat melihat akhir dari kustomisasi Honda Shadow-nya miliknya.

Klik foto untuk memperbesar gambar


Spesifikasi :
  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg Depan Custom 19X3,5 Inch + Avon Cobra 120/70-19 
  • Velg Belakang Custom 18X4,5 Inch + Avon Cobra 180/55-18
  • Footstep Custom 
  • Stang Custom Drag Bar
  • Tutup Tangki RSD
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Knalpot Custom by Flash

 

 
 
STUDIO MOTOR Custom Bike


 

3 thoughts on “MODERN DENGAN SENTUHAN BUDAYA – HONDA SHADOW 1100 ’93

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *