PAS DENGAN GAYA CAFE RACER – HONDA CB450 THE BLACK BOMBER ’68

Memiliki motor dengan sejarah sebagai salah satu motor pertama keluaran Honda Motor Company dengan kapasitas mesin yang besar adalah satu kepuasan tersendiri bagi Bhaskara Ananda. Bagai mendapat durian runtuh saat pengusaha muda ini dikabarkan bahwa ada Honda CB450 The Black Bomber lansiran tahun 1968 yang akan dijual, sontak tanpa pikir panjang dipinangnya motor yang memang sudah lama diincar oleh pria yang baru saja dikaruniai putra ini. “Akhirnya bisa dapat juga motor yang sudah lama saya inginkan, tinggal kita diskusi soal ubahan yang pas Mas…”, ujarnya saat berbicara via telepon mengenai rencana ubahan di motor dengan isi silinder 444 CC DOHC Straight -2 yang memiliki power 43 Hp @ 8500 Rpm dengan transmisi 5 percepatan ini. Setelah diskusi panjang lebar akhirnya disepakati ubahan menyusur tampilan Cafe Racer tanpa mengesampingkan tampilan klasik dari motor yang kabarnya menjadi pesaing berat motor-motor keluaran Inggris Raya pada waktu itu. “Cafe Racer lebih pas Mas, tapi saya lebih suka model Classic Cafe Racer yah Mas…”, pesannya saat akan memulai project kustomisasi pada CB450 The Black Bomber yang rangkanya menggamit kepunyaan saudara satu rumpunnya, Honda CB650.

Langkah awal pengerjaan di fokuskan pada membuat bodi baru untuk Honda CB450 The Black Bomber ini, dibuat menyesuaikan apa yang diinginkan oleh Bhaskara. Bagian bodi dibuat dari material plat galvanil dengan ketebalan 1.2 mm, bagian tangki yang membulat begitu juga dengan bagian buritan cukup memberikan nafas yang cukup kental untuk sebuah tampilan Classic Cafe Racer diakhir ubahan yang diingikannya. Dibagian kaki-kaki sang mpu-nya motor sudah jauh-jauh hari pesan untuk menjejalkan ban Firestone Deluxe Champion 4.00-18 dan 4.50-18 berpadu dengan velg TK Japan 18X3.00 Inch serta 18X3.50 Inch untuk lingkar roda depan dan buritan. Shock depan teleskopik berdiameter 41 mm dipakai dari copotan Honda CB400, untuk shock belakang memanfaatkan lungsuran Honda CB750 berlabel Showa. Masuk proses pengecatan Komet Studio melabur seluruh bagian bodi dengan warna silver plus stripping hitam minimalis mengandalkan material cat dan pernis keluaran Spies Hecker, tidak lupa membubuhkan angka 67 dibagian belakang yang menunjukkan tahun kelahiran Bhaskara Ananda. . “Cuma beda satu tahun antara saya dan motor CB450 ini mas…” guraunya. Pun begitu saat ditunjukkan hasil akhir dari pengecatan tersirat raut puas dari wajahnya. “Warnanya pas seperti yang saya inginkan Mas, line hitam disekujur bodi yang dibuat minimalis cukup mempertegas tampilan Cafe Racer sebenarnya…”, ujar Bhaskara sesaat setelah melihat hasil dari pengecatan motor miliknya tersebut. Pembenahan disektor mesin tidak terlalu banyak memakan waktu dan biaya karena sedari awal motor didapat dengan kondisi yang lumayan baik, hanya mengganti seal dan paking yang sudah mulai getas, merapihkan seluruh jalur kelistrikan serta melungsurkan karburator yang sebelumnya terpasang untuk digantikan dengan sepasang karburator Keihin PE24. Beberapa part penunjang kustomisasi ini dijejalkan seperti stang jepit berlabel Ride It, footstep NUI Project, lampu depan dan belakang aftermarket, master rem depan Kitaco dan juga knalpot custom racikan Flash Muffler Custom membuat aliran gas buang lebih lancar dan suara yang cukup menggelegar. Sayangnya sampai sesi foto berlangsung velocity stock untuk karbu belum rampung dikerjakan

Kelar project kustomisasi ini sebuah wujud classic cafe racer yang diinginkan Bhaskara Ananda terwujud. “Sebuah tampilan Cafe Racer yang saya idamkan terwujud Mas, dengan tampilannya yang terlihat kekar seolah merepresentasikan aura motor balap di jamannya, pas juga dengan mesin Honda CB450 ini yang memang terlahir sudah kencang…”, ujar pria ramah ini saat melihat hasil akhir dari project untuk Honda CB450 The Black Bomber miliknya tersebut. Lets do the ton brother cause’ cafe racer motorcycle dedicated to speed.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Honda CB400
  • Velg TK Japan 18X3.00 Inch & 18X3.50 Inch
  • Ban Firestone Deluxe Champion 4.00-18 & 4.50-18
  • Shock Belakang Showa
  • Stang Ride It
  • Footstep NUI Project
  • Rantai TK Japan Gold
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Knalpot Custom by Flash Muffler Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *