PUASNYA BEDA – HARLEY DAVIDSON SPORTSTER XL1200 ’06

 

Awalnya Denny Lau datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike untuk mengubah tampilan Bajaj Pulsar 180 miliknya menjadi tampilan ala Bobber. Tapi karena melihat salah satu kerabatnya sedang membangun sebuah HD Sportster XL883 bergaya bobber, niatannya mengubah Bajaj Pulsar miliknya langsung berubah. “Kalo dipikir-pikir ubahan bobber untuk Pulsar biayanya lumayan juga Mas, lagian dengan kapasitas mesin yang kecil pastinya juga beda banget sensasinya pas riding. Gara-gara kerabat saya itu juga akhirnya saya putusin sekalian saya membuat project yang sama, tapi untuk saya basic-nya pake mesin Sportster XL1200 saja Mas…”, begitu ujar pengusaha yang memiliki gerai disalah satu pusat perbelanjaan produk-produk tekstil terbesar di Indonesia itu saat berdiskusi mengenai rencananya membangun sebuah motor yang bisa menjadi personifikasi bagi dirinya di workshop STUDIO MOTOR Custom Bike. Diputuskan untuk memilih mesin Sportster XL1200 lansiran 2006 yang akan menjadi bahan untuk memulai project tampilan motor ala bobber yang diidamkan Denny Lau.

Rencana pertama dari project ini dimulai dari membuat sasis custom untuk bisa dijejalkan mesin Sportster XL1200 yang sudah disiapkan oleh Denny Lau, tapi saat ditawarkan sasis dari varian Roadster keputusan untuk membuat sasis dibatalkan. Beberapa dudukan mesin di sasis dirubah sedikit agar mesin yang sudah menggunakan rubber mounting ini bisa masuk ke sasis Roadtser yang sedianya untuk mesin yang masih menggunakan solid mounting. Sektor kaki-kaki coba dijejalkan dengan pilihan shock depan copotan dari HD Softail yang dipadukan oleh lingkar velg 16X3.00 Inch dan ban Avon Safety Mileage MK2 5.00-16, dibagian belakang lengan ayun custom dibuat untuk dijejalkan velg 16X3.50 Inch dengan ban yang sama dibagian depan, Avon Safety Mileage MK2 5.00-16. Masuk di proses pembuatan bodi, mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm Denny Lau ingin bentuk tangkinya dibuat ala Iron Guirella-nya Rough Crafts, dilabur warna solid deep black lansiran Spies Hecker plus pernis dengan merk yang sama membuat warna yang dikeluarkan terkesan wet look. Peranti lain dijejalkan mulai dari stang custom ala fat bar, lampu depan dan belakang aftermarket, grip gas serta handel rem dan kopling Kuryakyn, master rem belakang Drag Specialties serta knalpot custom membuat tampilan Sportster milik Denny Lau ini terkesan lebih garang dan nakal.

Proses pengerjaan Sportster XL1200 yang dimulai dari sebongkah mesin pun selesai, memberi kepuasan tersendiri bagi Denny Lau selaku sang mpu-nya motor. “Keputusan yang tepat walau memang effort yang dikeluarkan jauh lebih banyak Mas…”, begitu ungkapnya saat melihat hasil dari project kustomisasi motor idamannya ini. Pun begitu saat Sportster ini dipajang di stand STUDIO MOTOR Custom Bike di salah satu gelaran pameran otomotif baru-baru ini, respon dan komentar positif banyak bermunculan dari pengunjung yang mampi. “Simpel tapi asyik liatnya, keliatan nyaman dikendarai tanpa kehilangan roh custom-nya…”, celetuk salah seorang pengunjung yang melihat motor tersebut. Ya, puasnya memang beda!.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg Custom 16X3.00 Inch & 16X3.50 Inch
  • Ban Avon Safety Mileage 5.00-16
  • Hub Roda Custom
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Rantai + Gir TK Japan
  • Knalpot Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *