THE BAVARIAN MONSTER – BMW K100LT ’92

Trend custom gaya cafe racer ternyata tidak berlaku bagi kaum muda saja, geliatnya bahkan sampai meracuni Tjoe Tjing Ming atau akrab disapa Pak Amin yang notabene saat ini berusia 57 tahun. “Lama-lama tertarik Mas liat gambar-gambar konsep cafe racer di internet, kebetulan saya ada bahan BMW K100LT ini yang kondisinya masih sangat baik, jadi tolong dibuatkan yah Mas dengan konsep yang minimalis tetapi terlihat elegan…”, begitu ucap pria yang juga menjadi anggota Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) ini saat berdiskusi di workshop STUDIO MOTOR. Selintas Pak Amin sudah membawa beberapa konsep yang diinginkan, tetapi pasca diskusi soal konsep final justru ada beberapa ubahan yang akan disesuaikan dari motor yang memiliki konfigurasi mesin longitudinal 4 silinder DOHC 987 cc dan dapat mengail tenaga sampai dengan 90 hp @ 8000 Rpm, diproduksi oleh BMW Motors pada rentang tahun 1982 – 1992 ini. Kelar tukar pikiran soal wujud cafe racer yang diinginkan oleh Pak Amin maka dimulailah proses pengerjaan motor yang berkategori sport touring ini.

Tahap awal difokuskan pada proses pengerjaan bodi, mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm bagian bodi seperti tangki, buntut hornet, jok, spatboard depan serta cover radiator dibuat. Bentuknya disesuaikan seperti apa yang diinginkan oleh Pak Amin selaku mpu-nya motor. Untuk bagian sektor kaki-kaki tetap dipertahankan bawaan motor, mengingat pria yang tinggal didaerah Jelambar ini juga menginginkan motor ini nantinya masih tetap nyaman untuk dibawa touring yang memang menjadi hobi bagi pria bersahaja ini. “Kita touch up aja sedikit yah Mas, warna velg kita kombinasikan dengan warna hitam dan silver serta sentuhan-sentuhan lain di beberapa bagian untuk lebih mempercantik hasil akhirnya yah Mas…”, pesannya via telepon menyampaikan apa yang menjadi concern. Kelar proses pembuatan bagian bodi lanjut pada proses finishing pengecatan, laburan warna solid white keluaran Sikkens dipadukan dengan line stripping kombinasi merah dan biru serta penambahan gradasi motif karbon. Pada proses ini Komet Studio cukup piawai memadukan line tersebut dari mulai spatboard depan sampai ke bagian belakang. Setelahnya di tahapan akhir dipasangkan stang clip on keluaran Pro Bikes dan juga lampu depan aftermarket serta silencer custom yang sudah disiapkan langsung oleh sang mpu-nya motor.

Tuntas pengerjaan yang terkesan simpel tapi cukup membuat tampilan BMW K100LT ini berubah 180 derajat. Adopsi tampilan balap jadul ternyata tetap mampu mempertahankan sisi elegan dari motor yang di produksi oleh BMW di Spandau – Jerman ini. “Bagus Pak, pas seperti apa yang saya impikan dengan wujud cafe racer yang terlihat modern tanpa mengorbankan kesan klasik-nya…”, ungkap Pak Amin saat melihat hasil akhir ubahan motor kesayangannya ini. Hasil akhir pengerjaan BMW K100lT inipun cukup membuat beberapa orang yang kebetulan bertandang ke workshop STUDIO MOTOR memberikan apresiasi yang sangat positif. Dan yang pasti sesegara mungkin Pak Amin akan menjajal motor yang dijuluki THE BAVARIAN MONSTER ini untuk diajak touring bersama penggemar BMW lainnya. Have a nice ride with THE BAVARIAN MONSTER Sir!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Ban Depan Bridgestone BT45 100/90-18
  • Ban Belakang Metzeler 130/90-17
  • Lampu Depan Aftermarket
  • Stang Pro Bikes
  • Speedometer HD Sportster
  • Silencer Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *