THE BLACK BULL – HONDA GL-200 (TIGER) ’98

Melihat perkembangan kustomisasi roda dua baik di dalam maupun di luar negeri ternyata mampu membuat Deddy Rahadian kepincut juga untuk merombak Honda GL-200 (Tiger) lansiran tahun 1998 miliknya yang memang sudah lama tidak tersentuh, bahkan nyaris hampir 9 tahun motor tersebut hanya menjadi penghuni garasi di kediaman pria yang memiliki gerai penjualan sepeda All About Bike di kota Bogor ini. “Tiba-tiba kepincut sama tampilan Harley Davidson XR1200 racikan Rolland Sands Design Mas, kayaknya cocok juga kalau secara garis besar kita coba aplikasikan di Honda GL-200 saya ini…”, begitu ungkapnya saat bertandang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike untuk berdiskusi soal konsep ubahan yang diinginkan. Sebagai gambaran bahwa konsep ubahan yang diinginkan oleh pria yang akrab disapa Kang Deddy ini lebih mengacu pada tampilan ala Modern Cafe Racer atau sering disebut Neo Cafe Racer dengan menjejalkan beberapa peranti untuk mendongkrak tampilan modern pada hasil akhir dari project kustomisasi ini. Kelar diskusi soal konsep dan juga part-part pendukung yang akan dipasangkan maka dimulailah pekerjaan Honda GL-200 (Tiger) tersebut.

Awal pengerjaan dititik beratkan pada mengganti seluruh sektor kaki-kaki bawaan motor, shock depan menggamit lungsuran Suzuki GSX-600R yang dikombinasikan dengan lingkar roda TK Japan 18X3.00 Inch bersanding dengan ban Avon Cobra 120/70-18. Dibagian belakang dipilih lengan ayun copotan Suzuki GSX-400 dengan monoshock Ohlins copotan Yamaha R1. Lingkar roda belakang menggunakan velg custom dengan ukuran 18X4.50 Inch dipadukan dengan karet bundar Avon Cobra 180/55-18. Kelar pemasangan di bagian kaki-kaki lanjut pengerjaan di bagian bodi. Secara umum desain keseluruhan mengacu pada konsep yang diinginkan oleh Kang Deddy. Mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm desain tangki serta buritan dibuat mengacu pada garis besar desain Harley Davidson Sportster XR1200 racikan Rolland Sands. Selesai proses pengerjaan bodi giliran Komet Studio ambil bagian untuk melabur bagian bodi dengan warna hitam doff menggunakan material cat dan pernis labelan Sikkens. Tidak lupa disisi kiri dan kanan tangki disematkan logo dari gerai sepeda milik sang mpu-nya motor, All About Bike. Pamungkas beberapa peranti dijejalkan dengan tetap menyesuaikan pada tampilan akhir ubahan Honda GL-200 ini seperti takometer lansiran Auto Gauge, footstep NUI Project serta saluran buang racikan Flash Muffler Custom dengan model silencer yang dilapis carbon printing.

Rampung pengerjaan Honda GL-200 ini sedikit banyak mampu memberikan warna tersendiri bagi karya STUDIO MOTOR Custom Bike. Balutan nuansa Modern Cafe Racer yang kental mampu membuat pangling sebagian orang yang kebetulan berkunjung ke workshop STUDIO MOTOR. Pemilihan beberapa peranti yang tepat juga turut membuat manuver serta handling motor ini menjadi lebih baik. “Pas dengan apa yang saya inginkan Mas, dan yang pasti membuat motor ini menjadi jauh lebih segar dan juga jauh lebih eye catching saat dikendarai…”, tutup Kang Deddy saat melihat hasil ubahan akhir Honda GL-200 miliknya ini. Have a nice ride with your The Black Bull Bro!.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Upside Down Suzuki GSX-600R
  • Velg Depan TK Japan 18X3.00 Inch + Avon Cobra 120/70-18
  • Velg Belakang Custom 18X4.50 Inch + Avon Cobra 180/55-18
  • Swing Arm Suzuki GSX-400R + Monoshock Ohlins Yamaha R1
  • Master + Kaliper Tokico
  • Disc PSM
  • Rantai + Gir TK Japan
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • RPM Auto Gauge
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

1 thought on “THE BLACK BULL – HONDA GL-200 (TIGER) ’98

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *