THE BONITA – YAMAHA SCORPIO 225 ’06 (#6)

Konsep custom Yamaha Scorpio lansiran tahun 2006 milik Carl Larsson yang asli warga negara Swedia ini lebih dititikberatkan pada kecintaannya riding mengelilingi pulau Lombok yang menjadi lokasi kediamannya saat di Indonesia. “Terkadang sering juga masuk ke wilayah-wilayah yang infrastruktur jalannya masih kurang bagus Bro, makanya saya mau konsep yang juga nantinya motor bisa diajak riding yang sedikit extreme…”, begitu ungkap pria yang berprofesi sebagai pilot dan pelatih surfing ini dalam bahasa Indonesia yang cukup fasih. Setelah diskusi soal detail dan konsep yang diinginkan oleh mpu-nya motor termasuk keinginannya untuk membuat motor lebih jangkung maka dimulailah proses pengerjaan Yamaha Scorpio ini.

Proses awal dimulai dari melakukan penyesuaian di sektor kaki-kaki, shock depan bawaan motor dilungsurkan untuk berganti tempat dengan shock kepunyaan Yamaha Byson yang memiliki diameter as shock 41 mm. Untuk lingkar roda depan dan belakang sepasang velg TK Japan 18X2.50 Inch dan 18X3.00 Inch disandingkan dengan ban Shinko Tour Master 110/90-18 dan 120/90-18. Lengan ayun masih tetap mengandalkan bawaan motor hanya saja monoshock belakang dipilih menggunakan YSS Z-Series yang memang jauh lebih mumpuni ketimbang monoshock bawaan asli motor. Selesai pengerjaan bagian kaki-kaki lanjut pada proses produksi bodi, mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm bagian tangki dibentuk rounded dengan cekungan dibagian sisi kiri dan kanan tangki menyerupai desain tangki Triumph Bonneville, untuk alas duduk Carl Larsson meminta agar nantinya bisa dipakai untuk riding berdua dengan kekasihnya menyusuri pulau Lombok. Spatboard depan dibuat menggantung dengan penempatan persis dibagian bawah segitiga seperti apa yang diinginkan oleh Carl. “Justru itu uniknya Bro, dan yang pasti aman saat nanti diajak light off road…”, ungkap pria yang saat ini bertugas menerbangkan pesawat yang membawa trophy Jules Rimet sebagai rangkaian promosi World Cup 2014 di Brazil nanti. Masuk tahap finishing giliran Komet Studio ambil bagian, laburan warna cream kekuningan disematkan dibagian tangki dan spatboard belakang. Untuk bagian spatboard depan dan cover accu dipilih warna hitam sebagai kombinasinya. Hal yang paling unik justru pada desain airbrush dibagian tangki, disini Carl Larsson yang mengirimkan desainnya langsung via email dengan tema Global Warming. Pamungkas dari pengerjaan motor ini adalah memasang beberapa peranti pendukung seperti stang fatbar, lampu-lampu aftermarket dan juga saluran gas buang racikan Flash Muffler Custom.

Tuntas pengerjaan Yamaha Scorpio dengan julukan THE BONITA ini mampu membuat sang pemilik motor memberikan apresiasi yang sangat positif. “Sangat sesuai dengan apa yang saya harapkan Bro, dan yang pasti bisa menyalurkan hobi saya mengendarai motor selain hobi saya yang lain yaitu surfing…”, ucapnya saat melihat hasil akhir dari pengerjaan motornya ini. Secara umum memang tampilan dari Yamaha Scorpio ini mendapatkan komentar yang beragam dari setiap orang yang kebetulan bertandang ke workshop STUDIO MOTOR. Desain airbrush yang unik dan secara umum tampilan keseluruhannya mampu membuat setiap orang untuk melihat detail dari THE BONITA.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Werkz
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Teleskopik 41 mm
  • Velg Depan TK Japan 18X2.50 Inch + Shinko Tour Master 110/90-18
  • Velg Belakang TK Japan 18X3.00 Inch + Shinko Tour Master 120/90-18
  • Monoshock YSS Z-Series
  • Stang Fatbar
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Werkz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *