THE BROWNIE SCRAMBLER – YAMAHA SCORPIO ’07

Pilihan tampil ala Scrambler buat Farid Hadi bukan suatu kebetulan, saat pria yang bekerja disalah satu perusahaan kontraktor Migas ini datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike, konsep yang dibawanya pun sudah dipilih dari salah satu gambar Triumph Scrambler yang dilihatnya saat berselancar di dunia maya. “Sudah mantap dengan konsep ini Mas, ngebayangin pastinya nanti motor saya akan gagah dengan gaya Scrambler ini…”, begitu ucap pria asli Blitar ini sambil memboyong motor kesayangannya Yamaha Scorpio lansiran 2007 untuk di kustomisasi sesuai dengan konsep yang diinginkannya.Kelar diskusi soal pemilihan part-part peranti kustomisasi yang akan digunakan dan juga kesepakatan besaran biaya maka proses pengerjaanpun dimulai.

Langkah pertama melucuti seluruh bodi serta perangkat kaki-kaki bawaan motor yang memang sudah tidak akan digunakan lagi oleh Bro Farid. Ubahan awal dimulai dengan mengganti shock depan dengan Upside Down copotan Suzuki GSX400, dibagian lingkar roda depan dipercayakan pada velg TK Japan 18X3.00 inch yang berpadu dengan ban Shinko SR428 130/80-18. Kendala terjadi saat roda akan dipasang, lebar segitiga asli terkendala karena mepetnya roda depan dengan shock Upside Down yang terpasang, untuk itu dibuatkan segitiga baru dengan bahan alumunium yang dibentuk seperti segitiga asli bawaan Suzuku GSX400. Kelar pengerjaan disektor depan lanjut dibagian belakang, lengan ayun custom berbahan pipa seamless 1,25 inch dipercaya untuk menggantikan lengan ayun bawaan motor sekaligus merubah posisi shock yang semula monoshock menjadi double shock. Shock belakang sendiri dirasa cukup menggunakan shock lansiran YSS. Untuk roda sama dengan bagian depan, velg TK japan 18X3.50 Inch dipadukan dengan ban Shinko SR428 130/80-18 membuat tampilan Scrambler pada Yamaha Scorpio ini semakin kental. Masuk dipengerjaan bodi, plat galvanil 1.2 mm dibentuk sedemikian rupa mengikuti konsep yang diminta Bro Farid dengan tangki khas ala Triumph Scrambler, alas duduk double seater, cover samping kiri dan kanan serta spatboard minimalis. Kelar proses pengerjaan bodi dilanjut melabur bodi dengan warna coklat tua yang memang dipilih langsung oleh Bro Farid. Untuk base coat serta vernish-nya Komet Studio masih tetap mempercayakan pada labelan Spies Hecker yang memang cukup maksimal membuat hasil akhirnya berkesan wet look. Pamungkas beberapa peranti aftermarket dipasangkan untuk menunjang tampilan akhir secara keseluruhan, stang fatbar labelan Barros, lampu depan dan belakang aftermarket, panel saklar KTC serta terakhir knalpot custom racikan Flash Muffler Custom membuat suara yang dihasilkan semakin menggelegar.

Proses pengerjaan Yamaha Scorpio Scrambler ini tepat selesai sehari sebelum gelaran Otobursa Tumplek Blek 11-12 Mei lalu. “Akhirnya bisa dipajang juga di stand STUDIO MOTOR Custom Bike Mas…puas saya dengan hasil akhirnya yang memang pas dengan yang saya bayangkan…”, ucap Bro Farid yang memang baru melihat tampilan akhir dari project kustomisasi Yamaha Scorpio miliknya pas di gelaran Otobursa lalu. Pun begitu banyak sekali pengunjung yang mampir ke stand STUDIO MOTOR Custom Bike yang terpesona dan memberikan tanggapan positif saat melihat Yamaha Scorpio tersebut, tidak sedikit juga yang berminat untuk langsung meminang Scorpio Scrambler ini. “Belum terpikir untuk dijual Mas, lah wong saya aja belum pakai…”, tutup Bro Farid. Let’s start your Scrambler Bro!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting by KOMET Studio
  • Upside Down Suzuki GSX400
  • Swing Arm Custom
  • Shock Belakang YSS Z-Series
  • Velg TK Japan 18X3.00 Inch & 18X3.50 Inch
  • Ban Shinko SR428 130/80-18
  • Stang Barros
  • Karbu Keihin PWK28 Sudco
  • Filter Udara TDR
  • Knalpot Custom by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

4 thoughts on “THE BROWNIE SCRAMBLER – YAMAHA SCORPIO ’07

  1. untuk di surabaya, cabang dimana ya omm?
    thunder 250 pingin modif sprti scorpio diatas, biaya berapa ?
    plisss.. pingin banget..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *