THE CARRERAS – HONDA CB400 SUPERFOUR ’97

Bukan tanpa sebab bagi Aditya Eka Prakasa memilih konsep tampilan Cafe Racer untuk diterapkan pada Honda CB400 Superfour lansiran tahun 1997 miliknya, konfigurasi mesin inline 4 cylinder 400 CC DOHC keluaran Honda Motor Company tersebut memang terkenal cukup beringas untuk motor dengan kategori medium bike tersebut. “Sepertinya lebih pas dibuat tampilan balap jadul Mas, apalagi saya mendapatkan motor ini dengan kondisi mesin yang masih sangat baik…”, begitu ungkap pria yang sedang menunggu kelahiran anak keduanya tersebut.Detail konsep ubahan dijabarkan langsung oleh Bro Adit, begitu biasa dia disapa, sampai pada detail penggantian komponen-komponen yang akan diaplikasikan pada project-nya kali ini. Wujud khas Cafe Racer Britania Raya disasar oleh Bro Adit dengan sedikit menyentuh pada kesan modern nantinya. Kelar diskusi ringan dengan sang mpu-nya motor maka dimulailah proses pengerjaan motor yang pertama kali dikeluarkan Honda pada tahun 1992 ini.

Ubahan awal fokus pada melungsurkan kaki-kaki bawaan motor, shock depan teleskopik bertukar tempat dengan shock Upside Down copotan Suzuki GSXR-600. Untuk lingkar roda Bro Adit menginginkan untuk menggunakan velg model jari-jari, untuk itu hub roda depan dan belakang dibuat khusus agar bisa klop dengan piringan cakram dan juga gear belakang bawaan motor. Velg-nya sendiri dipilih keluaran TK Japan dengan ukuran 17X3 Inch dan 17×5 Inch yang dipadukan dengan ban Bridgestone Battlax S20 120/70-17 dan 180/55-18 untuk bagian depan dan buritan. Lengan ayun dan shock belakang masih tetap mengandalkan bawaan motor karena dirasa masih sangat mumpuni untuk menunjang tampilan akhir nantinya. Kelar proses pengerjaan aplikasi kaki-kaki lanjut dengan proses pembuatan bodi. Bentuk tangki dibuat seperti tampilan Norton Dominator Cafe Racer racikan El Solitario MC dengan ciri khas lekukan dibagian depan untuk mendapatkan radius putar yang maksimal karena penempatan stang dibawah segitiga. Bagian buritan dibentuk seperti khasnya tampilan Cafe Racer, hanya saja disini Bro Adit menginginkan buntut tawon yang langsung dibuat dengan bahan jok. Setelahnya giliran Komet Studio melabur bagian tangki, spatboard depan dan cover battery dengan pilihan warna hitam solid dengan sedikit kombinasi stripping silver dibagian atas tangki dengan mengandalkan base coat serta vernish labelan Sikkens. Pamungkas dari ubahan dari motor Honda CB400SF ini adalah aplikasi lampu depan dan belakang aftermarket serta saluran buang konfigurasi 4-1 racikan Flash Muffler Custom.

Kelar pengerjaan motor yang berjuluk THE CARRERAS ini cukup membuat tampilannya menjadi lebih segar dengan desain Classic Cafe Racer dengan paduan sentuham modern dibagian kaki-kaki. “Pas Mas, simpel tapi elegan banget tampilannya, sesuai dengan desain konsep yang saya inginkan…”, ucap Bro Adit saat melihat hasil akhir dari pengerjaan motornya tersebut. Pun begitu dengan wujud barunya motor ini mampu menyedot perhatian orang saat diajak riding, begitu pula saat beberapa orang yang kebetulan datang ke workshop STUDIO MOTOR, kesan simpel tanpa banyak embel-embel variasi justru menguatkan aura Honda CB400SF dengan wujud Cafe Racer sebenarnya. Let’s ride THE CARRERAS!!.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Upside Down Suzuki GSXR-600
  • Velg Depan TK Japan 17X3.00 Inch + Bridgestone Battlax S20 120/70-17
  • Velg Belakang TK Japan 17X5.00 Inch + Bridgestone Battlax S20 180/55-17
  • Rantai TK Japan Gold
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Shock Belakang Showa Racing
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *