THE CHIMOTIKUNZ – SUZUKI INAZUMA (GW250) ’13 (#9)

Kecelakaan fatal yang menimpa Hafandi Riyma Prihakiki saat riding dengan Suzuki Inazuma 250 lansiran 2013 miliknya membuat pria yang akrab disapa Fandi ini memutuskan untuk sekalian merubah bentuk tampilan pada motornya itu. “Daripada dibenerin mending saya putuskan untuk sekalian rubah bentuknya saja Mas, apalagi memang saya suka dengan tampilan-tampilan motor kustom yang sering saya lihat…”, begitu ucap pria yang baru saja melepas masa lajangnya tersebut saat datang ke workshop STUDIO MOTOR dengan membawa motornya yang hampir sebagian sudah dalam kondisi yang mengenaskan.Ngobrol-ngobrol soal konsep yang nantinya akan diusung Bro Fandi lebih memilih konsep bobber yang menurutnya lebih pas untuk menuntaskan hobi touring-nya. “Kebayang pastinya gak akan capek kalo kita buat dengan konsep bobber Mas, nyaman untuk diajak riding, apalagi saya sering riding sendiri dari Cikampek menuju kota kelahiran saya, Malang…”, tambahnya disela-sela diskusi mengenai detail ubahan. Sepakat secara keseluruhan maka dimulailah proses mewujudkan keinginan Bro Fandi untuk project kustom Suzuki Inazuma 250 miliknya tersebut.

Pekerjaan awal melungsurkan seluruh bagian bodi dan kaki-kaki yang memang pas datang kondisinya sangat memprihatinkan. Shock depan diganti dengan kepunyaan Yamaha Byson yang memang sudah cukup kondang dikalangan pelaku kustom dengan as shock berdiameter 41 mm dapat menampilkan kesan kekar dibagian depan. Bagian lingkar roda depan dan belakang ditukar dengan velg jari-jari TK Japan 19X2.50 di depan dan velg custom 16X3.50 inch untuk buritan. Untuk hub roda depan dipilih kepunyaan Yamaha Scorpio lengkap dengan piringan cakram-nya, sementara di belakang hub roda custom dibuat khusus agar nantinya sistem pengereman tetap bisa menggunakan cakram. Untuk karet bundar sendiri dipilih menggunakan Avon Safety Mileage MK2 4.00-19 dan 5.00-16 yang memang bisa semakin mengentalkan kesan klasik nantinya. Lengan ayun bawaan motor tetap digunakan, hanya saja peredam kejut belakang yang tadinya menggunakan monoshock diubah dual shock dengan memanfaatkan shock belakang copotan HD Sportster. Kelar proses setting kaki-kaki giliran bodi dijamah, mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm bagian tangki serta spatboard belakang dan cover tengah untuk menyimpan accu serta perangkat lain. Masuk ke tahapan berikut bodi dilabur dengan kombinasi warna hitam dan orange yang memang dipilih oleh sang mpu-nya motor, tidak lupa menambahkan sedikit ornamen pen stripping di bagian atas tangi dan spatboard belakang. Untuk sasis hampir seluruh bagian sub frame dipenggal karena terkena benturan hebat saat kecelakaan, digantikan dengan material pipa sejenis dan dibuat sesuai dengan konsep yang diusung Bro Fandi. Finishing pada project kali ini adalah menambahkan beberapa peranti yang nantinya bakal mendukung secara keseluruhan tampilan motor, dimulai dari stang kemudi yang terlihat simpel, lampu depan dan belakang, membuat ulang footstep dengan tampilan yang juga terlihat simpel serta pamungkas aplikasi saluran buang dengan konfigurasi 2-1 racikan Flash Custom Muffler.

Kelar seluruh rangkaian pekerjaan cukup membuat Bro Fandi pangling dengan tampilan akhir motor kesayangannya tersebut. “Cakep Mas, sampai gak nyangka kalau motor ini pernah kecelakaan yang cukup parah, seperti bangkit dari tidurnya Mas…”, ucap Bro Fandi sambil tertawa saat memberikan statement tersebut. Sedikit banyak tampilan Suzuki Inazuma 250 ini juga cukup impresif, karena mungkin baru kali ini juga kita melihat wujud Suzukin Inazuma 250 yang berubah total dengan konsep vintage. Ada hal lucu dari proses penamaan motor ini, Bro Fandi menginginkan motor kesayangannya ini diberi nama THE CHIMOTIKUNZ, entah apa artinya, tapi terpenting LET’S RIDE BROTHER!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Teleskopik 41 mm
  • Velg Depan TK Japan 19X2.50 + Avon Safety Mileage MK2 4.00-19
  • Velg Belakang Custom 16X3.50 Inch + Avon Safety Mileage MK2 5.00-16
  • Shock Belakang HD Sportster
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Footstep Custom
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Werkz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *