THE CHLOE – KAWASAKI KZ200 ’81 (#2)

Bermain dengan konsep yang tak lazim untuk sebuah Kawasaki KZ200 atau banyak orang menyebut Kawasaki Binter Merzy adalah sebuah pilihan bagi Alberto Mario saat bertandang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Werkz. “Pengen aja yang beda Mas, dibuat model ala Pro Sreet Drag sepertinya bagus juga, kebetulan juga saya sudah bawa konsep yang saya mau Mas…”, begitu ucap pria yang berdomisili di Bogor tersebut saat menyampaikan apa yang diinginkannya. Small bike jenis cruiser yang diproduksi oleh Kawasaki Motorcycles pada medio 1978 – 1984 dengan konfigurasi mesin satu silinder 198 cc yang dapat mengail tenaga puncak 18 Hp @8000 Rpm ini memang banyak diburu orang untuk dirubah bentuk ataupun dipertahankan bentuk aslinya yang sangat melegenda.Tapi kembali seperti apa yang ditulis diatas kali ini Bro Albert, begitu biasa sang pemilik motor disapa, merelakan satu unit Kawasaki KZ200 lansiran 1981 miliknya untuk dirubah bentuk dengan tampilan ala Pro Street. Disodori beberapa pilihanpun tidak membuat pria ramah tersebut bergeming, tetap pada satu konsep yang bagi kita memang cukup tidak lazim bagi para penikmat kustom yang biasa membangun dari motor sejenis.

Pengerjaan awal seluruh perangkat bawaan asli motor dilungsurkan, sementara sasis sendiri langsung dipenggal hingga menyisakan area main frame. Selanjutnya dibuatkan sasis baru dibagian belakang dengan bentuk seperti konsep yang dibawa oleh Bro Albert. Konstruksinya sendiri berubah menjadi konstruksi ala hardtail. Dibagian kaki-kaki upside down copotan Suzuki GSXR-400 dipasang menggantikan shock asli bawaan motor, lengkap dengan perangkat remnya berlabel Nissin. Lingkar roda depan dipercayakan pada velg TK Japan 18X3.00 Inch yang berpasangan dengan ban Avon Cobra 120/70-18. Dibagian buritan velg custom 18X5.00 Inch dipasang karet bunda Avon Cobra 180/55-18, untuk hub roda depan dan belakangpun dibuat handmade menyesuaikan dengan penggunaan double disc dibagian depan dan single disc dibelakang. Tuntas pemasangan disektor kaki-kaki giliran bagian bodi dikerjakan. Tangki dibentuk sedikit mengambil desain tear drop untuk menyamakan dengan konsep, sementara spatboard belakang sedikit dibuat dengan bentuk hampir sepertiga menutupi lingkar roda belakang. Jok minimalis untuk pengemudi dipasangkan per jok sepeda untuk sedikit meredam guncangan kala diajak riding. Warna dipilih orange dengan kombinasi motif kayu dibagian sisi kiri dan kanan tangki. Untuk kali ini Komet Studio mencoba menjajal motif yang tergolong jarang dikerjakan oleh airbrusher yang memang sudah lebih 4 tahun menjadi mitra STUDIO MOTOR ini. Untuk base coat serta pernis tetap mengandalkan material keluaran Sikkens. Pamungkas beberapa peranti penunjang dijejalkan untuk menyempurnakan project kustom milik Bro Albert, stang dipasang dari bawaan Suzuki GSXR-400, footstep NUI Project dan juga lampu depan dan belakang aftermarket yang minimalis. Usaha meningkatkan performa turut dijejalkan karburator Keihin PWK28 dan juga saluran buang racikan Flash Muffler Custom. Hasilnya cukup memuaskan untuk motor yang sudah berusia 32 tahun tersebut.

Kelar proses pengerjaan Kawasaki KZ200 yang dijuluki THE CHLOE ini langsung dijajal riding Jakarta – Yogyakarta saat akan menghadiri gelaran Kustomfest 2013 pada bulan Oktober lalu, walau tidak full karena beberapa orang dari tim STUDIO MOTOR secara bergantian menjajal motor-motor yang kebetulan ikut pada perjalanan tersebut. Hasilnya cukup memuaskan untuk motor yang pada masanya diimpor langsung oleh PT. Bintang Terang selaku distributor Kawasaki KZ200 di Indonesia. “Liat tampilan barunya segar juga yah Mas, terlihat garang dan juga lebih modern. Pas dengan apa yang saya inginkan…”, tutup Bro Albert saat melihat hasil akhir dari project kustom-nya tersebut. Have a nice ride with THE CHLOE Bro….!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Werkz
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Upside Down Suzuki GSXR-400
  • Velg Depan TK Japan 18X3.00 Inch + Avon Cobra 120/70-18
  • Velg Belakang Custom 18X5.00 Inch + Avon Cobra 180/55-18
  • Kaliper + Master Rem Nissin
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Karbu Keihin PWK28
  • Filter Udara Koso
  • Knalpot Custom by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Werkz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *