THE METAL SCORPION – SUZUKI GSX250 ’01 (#7)

Sebagai seorang pekerja yang bergerak dibidang advertising dan banyak berhubungan dengan hal-hal yang bersifat seni ternyata berimbas pada saat menentukan detail konsep dalam membangun sebuah motor. Hal tersebut berlaku pagi Prasetyo Wibowo atau yang akrab disapa Bowo, konsep yang tegas dengan detail resik diinginkannya saat berdiskusi di workshop STUDIO MOTOR. “Terbayang untuk bermain dengan seni engrave dibagian  bodi Mas, pasti terlihat lebih berseni. Yang penting lagi double seater yah Mas karena mungkin sesekali istri akan saya ajak riding dengan motor itu nantinya…”, ujar Bro Bowo menyampaikan apa yang menjadi concern dan permintaannya di project custom kali ini.Kelar diskusi sekaligus menentukan part-part pendukung yang akan akan dipasangkan maka dimulailah pengerjaan motor yang sempat beredar pada medio 1999 – 2005 di Indonesia ini.

Proses awal melucuti seluruh baju bawaan motor untuk bertukar tempat dengan bodi yang terbuat dari bahan material alumunium 3 mm meliputi bagian tangki, spatboard depan serta spatboard belakang. Finishing dari pengerjaan bodi diberikan sentuhan engraving art yang dilakukan oleh Bro Eddy Dharma, motifnya sendiri dipilih oleh Bro Bowo dengan kombinasi motif Scorpion dan Tribal Flame. Sektor kaki-kaki juga cukup mendapatkan ubahan yang cukup frontal, shock depan teleskopik bawaan motor digantikan dengan shock Upside Down copotan Suzuki GSXR-750 lengkap dengan master dan kaliper depan labelan Tokico. Dibagian depan digunakan double disc 300 mm labelan PSM Racing. Sementara untuk lengan ayun dibuat handmade dari material pipa seamless 1.25 Inch yang bersanding dengan peredam kejut belakang Ohlins 340 mm. Master dan kaliper rem belakang dipilih keluaran Nissin dengan cakram aftermarket 240 mm. Untuk lingkar roda dipilih velg TK Japan 17X3.00 Inch dan 17X3.50 Inch yang dipadankan dengan ban Shinko E705 120/90-17 dan 130/80-17 pada bagian depan dan buritan.  Sektor kemudi dipilih stang Fatbar lengkap dengan riser-nya. Pamungkas beberapa part aksesoris dipasangkan untuk mendukung tampilan akhir dari motor ini, lampu depan dan belakang aftermarket, clip on handle bar serta pemakaian knalpot custom 2 in 2 racikan Flash Muffler Custom.

Kelar proses pengerjaan motor yang dijuluki THE METAL SCORPION ini cukup membuat sang mpu-nya puas. “Mundur dari target waktu pengerjaan gak masalah Mas, toh saya ngerti bila ini memang kerjaan seni, tapi hasilnya memang pas dengan apa yang saya impikan selama ini…”, ucap Bro Bowo saat melihat wujud akhir Suzuki GSX250 miliknya setelah di make over. Dengan bagian kaki-kaki yang kekar dan juga permainan seni engraving yang menonjol pada bagian bodi wajar bila memang tampilan akhir motor ini jauh lebih beraura.  Tanggapan postif juga berdatangan dari setiap orang yang kebetulan bertandang ke workshop STUDIO MOTOR saat memandangi Suzuki GSX250 ini, terutama saat melihat hasil seni pahat manual pada bagian bodinya. Old Soul Young Blood Brother!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Werkz
  • Engraving Art by Eddy Dharma
  • Upside Down Suzuki GSXR-750
  • Velg Depan TK Japan 17X3.00 Inch + Shink0 E705 120/90-17
  • Velg Belakang TK Japan 17X3.50 Inch + Shinko E705 130/80-17
  • Master +Kaliper Tokico
  • Disc PSM
  • Shock Belakang Ohlins 340 mm
  • Filter Udara Koso
  • Exhaust Custom by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Werkz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *