THE OWL – SUZUKI THUNDER 250 ’02 (#4)

Sebutan The Owl untuk Suzuki Thunder 250 lansiran tahun 2002 milik Tomi Buchori sebetulnya bukan tanpa sebab, pernah memiliki dan merawat seekor burung hantu kesayangan menjadikan pria yang tinggal didaerah Serpong ini menginginkan siluet burung hantu yang pernah dia miliki untuk disematkan dibagian sisi tangki dan memberi julukan pada motor kesayangannya dengan nama The Owl setelah kelar modifikasi. “Inget aja Mas pernah rawat burung hantu yang sempat lama jadi hewan peliharaan yang saya sayang, makanya pas ngelakuin project ngerombak Thunder 250 ini saya terpikir untuk kasih siluet burung unit tersebut di sisi tangki…”, begitu ucapnya saat berdiskusi mengenai konsep yang diinginkannya di workshop STUDIO MOTOR. Rencana ubahan yang akan dilakukan pun lebih mengacu pada konsep Street Scrambler yang kebetulan dilihatnya saat berselancar didunia maya, pun begitu untuk perangkat yang akan disematkan juga menjadi concern tersendiri bagi Bro Tomi, hingga akhirnya setelah kelar menyampaikan apa yang diinginkan proses pengerjaan pun dimulai.

Proses awal dimulai dari melucuti kaki-kaki bawaan Thunder 250 dan mengganti seperangkat shock depan upside down copotan Suzuki GSXR-400, lingkar roda depan sendiri menggamit velg TK Japan dengan dimensi 17X3.00 Inch yang berpadu dengan ban Shinko 011 120/70-17. Dibagian buritan lengan ayun original dilungsurkan untuk bertukar tempat dengan lengan ayun Suzuki GSXR-400, sementara untuk monoshock-nya dipilih YSS Z-Series yang cukup mumpuni meredam guncangan. Velg TK Japan 17X5.00 Inch dan ban Shinko 011 170/60-17 dipilih untuk menampilkan kesan kekar dibagian belakang. Bodi dibuat dengan material plat galvanil 1.2 mm dan dibentuk seperti apa yang diinginkan Bro Tomi sesuai konsep yang dibawanya, bentuk tangkinya sendiri sedikit terinspirasi dari racikan Ducati Scrambler JVB Moto. Kelar proses pengerjaan bodi giliran Komet Studio melabur keseluruhannya dengan balutan warna hijau tosca, base coat dan pernis masih tetap dipercayakan pada labelan Sikkens. Tidak lupa juga seperti apa yang dipesan Bro Tomi pada bagian sisi kiri dan kanan tangki disematkan siluet burung hantu dengan line halus berwarna putih. Masuk proses finishing beberapa peranti dipasangkan untuk mempertegas tampilan khas street scrambler, stang fatbar keluaran Barros, lampu-lampu aftermarket serta melakukan upgrade pada peranti pengereman. Pamungkas dari proses pengerjaan saluran buang racikan Flash Muffler Custom memberikan keluaran suara dan peningkatan tenaga yang cukup signifikan.

Selesai seluruh tahapan proses pengerjaan wujud asli Thunder 250 yang bergaya street cruiser betul-betul berubah total dengan wujud baru ala street scrambler. Penggunaan ban dengan kembangan on road lebih ditujukan untuk kenyamanan Bro Tomi saat riding dengan motor kesayangannya ini. “Handling-nya enak banget Mas plus didukung tampilan yang cukup kekar pas dengan apa yang saya idam-idamkan selama ini…”, begitu ungkap Bro Tomi setelah menjajal motornya ini. Hasil project kustom inipun jadi kado terindah bagi Bro Tomi dihari ulang tahunnya tanggal 6 Desember lalu. Have a nice ride with your THE OWL Brother.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Werkz
  • Painting & Airbrush by Komet Studio
  • Upside Down Suzuki GSXR-400
  • Swing Arm Suzuki GSXR-400
  • Velg Depan TK Japan 17X3.00 Inch + Shinko 011 120/70-17
  • Velg Belakang TK Japan 17X5.00 Inch + Shinko 011 170/60-17
  • Master Rem Depan Nissin + Kaliper Tokico
  • Disc PSM
  • Master Rem Belakang Nissin
  • Lampu Depan & Lampu Belakang Aftermarket
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Werkz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *