THE PRIVATE JOE – YAMAHA VIRAGO 1100 ’95

Konsep yang diusung sang mpu-nya motor saat datang ke workshop STUDIO MOTOR sangat simpel, membuat tampilan Yamaha Virago lansiran tahun 1995 miliknya bisa tampl lebih segar. “Sudah ketinggalan jaman Mas modelnya, makanya saya ingin merubah bentuknya dengan wujud yang lebih mantap…”, begitu ujar Pak Sabar Rahardjo selaku pemilik motor yang mulai di produksi oleh Yamaha Motor Corporation sejak tahun 1982 dengan mengusung genre cruiser serta memiliki konfigurasi mesin V-Twin 2 Silinder SOHC 1063 cc . Saat diskusi disepakati nantinya motor akan tampil dengan konsep Pro Street Cafe Racer tanpa meninggalkan kenyamanan saat sang pemilik riding dengan motornya nanti.Setelah tuntas membahas detail serta pemilihan peranti pendukung yang akan dipasangkan, maka dimulailah project pengerjaan Yamaha Virago 1100 ini.

Proses awal dimulai dari melucuti seluruh bodi bawaan motor untuk bertukar tempat dengan bodi yang dibuat sesuai keinginan Pak Sabar, mengandalkan material galvanil 1.2 mm bagian wadah penampung bahan bakar, bodi belakang serta spatboard depan dan belakang dibentuk sesuai dengan lekuk frame Yamaha Virago. Paralel dari proses pengerjaan tersebut shock depan asli bawaan motor dilungsurkan untuk dipasangkan shock depan Upside Down copotan Yamaha R1 demi mengejar kesan kekar dan membuat ground clearence motor menjadi lebih rendah. Untuk velg tetap mengandalkan peranti asli, hanya guna memberikan kesan resik bagian velg dilakukan pemolesan ulang. Sementara untuk ban dipilih Shinko Tour Master 230 110/90-19 dan 170/80-15 untuk depan dan buritan. Di bagian belakang juga tetap mengandalkan lengan ayun asli karena motor ini menggunakan sistem penggerak roda dengan gardan, shock belakang asli pun masih tetap digunakan karena dirasa masih sangat mumpuni untuk memberikan kenyamanan saat diajak touring oleh mpu-nya motor. Masuk ke proses pengecatan bodi giliran Komet Studio ambil bagian, laburan warna hitam dengan balutan stripping minimalis gold dan silver serta penambahan motif bendera start mampu memberikan aura bahwa motor yang memiliki daya kuda 61,7 Hp ini mampu berlari kencang. Untuk base coat serta pernis dipilih keluaran Sikkens yang memang sudah terbukti mampu memunculkan kesan wet look saat diaplikasikan. Seluruh rangkaian pengerjaan dituntaskan dengan memasang stang ala drag bar, lampu-lampu aftermarket dan saluran buang custom racikan Flash Muffler Custom.

Tuntas rangkaian pengerjaan dari motor yang berjuluk THE PRIVATE JOE ini mampu memberikan kesan tersendiri, wujud asli Yamaha Virago 1100 mampu berganti dengan tampilan yang segar. Pun begitu saat di uji coba tidak menghilangkan kesan nyaman khas motor cruiser. “Enak liat bentuk motornya Mas, justru dengan model seperti ini motor ini lebih beraura…”, ucap Pak Sabar saat melihat motornya pasca proses pengerjaan. THE PRIVATE JOE WAS BORN TO RIDE!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by Komet Studio
  • Upside Down Yamaha R1
  • Master & Kaliper Tokico
  • Ban Shinko Tour Master 230 110/90-19 & 170/80-15
  • Stang Drag Bar Custom
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *