THE RANKER – HONDA CB1000 ’95

Memiliki motor dengan tampilan Cafe Racer sudah lama diimpikan oleh Yudi Poernama, sampai akhirnya pria yang tinggal di Bojonegoro – Jawa Timur ini berhasil memboyong satu unit Honda CB1000 lansiran tahun 1995 yang didapatkan dengan kondisi yang masih sangat apik. “Tadinya kepikiran pakai basic motor lokal kayak Yamaha Scorpio gitu Mas, tapi setelah dipikir-pikir tanggung juga, makanya saya ambil Honda CB1000 ini ketika ada teman yang tawari saya…”, begitu ucap pria yang juga dikenal sebagai eksportir sarang burung walet tersebut saat diskusi via telepon menyampaikan apa yang diinginkannya. Konsep ubahan yang diinginkan dikirim langsung oleh Bro Yudi via email, lebih terkesan simpel dengan mengacu pada ubahan Honda CB750 Cafe Racer racikan Rewheeled, hanya saja Bro Yudi meminta untuk disesuaikan dan sedikit dibedakan dengan tetap mengandalkan sasis bawaan motor. Usai diskusi soal detail konsep sekaligus juga pemilihan peranti pendukung yang diinginkan oleh sang mpu-nya motor, maka dimulailah proses ubahan pada motor yang diproduksi oleh Honda Motor Company pada medio 1992 – 1997 ini.

Langkah awal pengerjaan difokuskan pada membuat bodi baru sesuai konsep yang diutarakan Bro Yudi, mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm bagian bodi baru meliputi tangki, buntut belakang, spatboard depan serta cover accu dibentuk. Sektor sub frame pada sasis sedikit di modifikasi untuk menyesuaikan tampilan pada bagian buritan. Kelar proses pengerjaan bodi lanjut pada melabur tangki dan bodi belakang dengan kombinasi warna merah candy dan silver. Dua warna yang dominan tersebut dipilih agar nantinya tampilan akhir motor terlihat lebih catchy. Sementara spatboard depan dan cover accu sengaja dilabur warna hitam solid untuk lebih menampilkan kesan yang garang. Pengerjaan painting & airbrush ini sendiri dilakukan oleh KOMET Studio yang masih tetap mempercayakan base coat dan pernis keluaran Sikkens. Kelar proses pengerjaan bodi lanjut ke bagian kaki-kaki, shock depan bawaan motor tetap dipercaya karena memang masih sangat mumpuni untuk diaplikasikan ke bentuk ubahan yang baru. Shock teleskopik bawaan motor hanya dijarah bagian tabungnya dengan melakukan polishing guna memberikan kesan resik. Lingkar roda aslipun masih tetap dipertahankan, hanya mengganti ban-nya dengan menggunakan Shinko Radial 011 120/70-18 untuk depan dan 200/50-18 untuk bagian belakang. Sedikit menyesuaikan pada lengan ayun dengan dilakukan sedikit rombakan untuk mengejar kesan panjang setelah mengaplikasi ban belakang yang cukup besar. Di sektor mesin Bro Yudi beruntung karena mendapatkan motor ini dalam kondisi mesin yang cukup sehat, maka dari itu mesin dengan isi silinder 998 CC inline 4 cylinder DOHC 16 Valves ini hanya dilakukan pembersihan serta setting ulang untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Pamungkas dari seluruh pengerjaan adalah dengan memasang peranti pendukung untuk memaksimalkan hasil akhirnya. Stang jepit keluaran NUI Project begitu juga footstep-nya beserta lampu-lampu aftermarket dijejalkan mengimbangi hasil akhir dari pengerjaan motor milik Bro Yudi. Performa motor juga lebih dimaksimalkan dengan aplikasi saluran buang racikan Flash Muffler Custom dengan konfigurasi 2-1 kiri dan kanan.

Rampungnya pengerjaan Honda CB1000 ini sekaligus juga memujudkan mimpi Bro Yudi untuk mengendari motor dengan wujud kental ala Cafe Racer. “Pas seperti yang saya bayangkan Mas, hasilnya ngebuat motor saya ini jauh lebih berkarakter…”, ujar pria 32 tahun tersebut setelah melihat hasil akhir dari project custom-nya tersebut. Ubahan keseluruhan Honda CB1000 ini juga turut memancing beberapa orang yang kebetulan datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike untuk membuat project custom Cafe Racer dengan basic motor yang memiliki kapasitas mesin besar. “Gak sabar Mas untuk segera riding dengan THE RANKER dan kumpul-kumpul dengan sesama bikers di Bojonegoro…”, tutupnya saat mengakhiri pembicaraan via telepon. Have a nice ride with your custom bike Brother!.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Stang NUI Project
  • Footstep NUI Project
  • Ban Depan Shinko Radial 011 120/70-18
  • Ban Belakang Shinko Radial 011 200/50-18
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

998 cc (60.9 cu in) DOHC 4 valves per cylinder liquid-cooled inline 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *