THE RED TRACKER – YAMAHA SCORPIO ’08

Awalnya jauh-jauh dari Samarinda memboyong Yamaha Scorpio lansiran 2008 ke Jakarta untuk di kustomisasi membuat Ipah Huzaifah kecewa karena ternyata bengkel sebelumnya yang menangani Yamaha Scorpio ini memberikan hasil yang tidak memuaskan. “Saya minta dibuat ulang saja Mas, sudah berbulan-bulan motor ini dikerjakan tapi sama sekali tidak ada progress yang positif…”, ujarnya saat bertandang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike. Diskusi soal konsep sebetulnya Bro Ipah, begitu biasa dia disapa, menginginkan konsep Street Tracker dengan kaki-kaki ala Yamaha TW200 yang memang terkenal gagah itu. Kelar menyampaikan semua yang diinginkan dan juga termasuk beberapa peranti yang akan dipasang di motor kesayangannya tersebut maka dimulailah tahapan pengerjaaan Yamaha Scorpio 2008 milik Bro Ipah Huzaifah.

Proses awal dititikberatkan pada setting terhadap sektor kaki-kaki. Shock depan digamit kepunyaan Yamaha Byson yang memang memiliki diameter as shock yang cukup besar, 41 mm. Lingkar roda depan dipilih velg TK Japan dengan dimensi 18X3.00 Inch berpasangan dengan ban Shinko SR428 130/80-18. Untuk bagian buritan lengan ayun bawaan Yamaha Scorpio dimelarkan sesuai dengan ukuran Yamaha TW200 untuk bisa menampung velg custom 14X5.00 Inch yang berpadu dengan ban Shinko SR428 180/80-14. Monoshock asli bawaan motor diganti dengan monoshock YSS yang dipercaya lebih mumpuni meredam guncangan. Kelar pemasangan sektor kaki-kaki lanjut pengerjaan bodi. Material plat galvanil 1.2 mm tetap diandalkan untuk membuat tangki serta spatboard depan dengan konsep yang sangat minimalis seperti apa yang diminta Bro Ipah. Lanjut diproses pengecatan, dipilih warna Red Candy untuk dilabur ke tangki dan spatboard dengan material base coat serta pernis keluaran Sikkens, tidak lupa disisi kiri dan kanan tangki Bro Ipah berpesan untuk dibubuhi nama sang istri, Ivone, sebagai bukti cinta dan rasa sayang Bro Ipah terhadap istrinya. “Selain itu supaya dapat ijin lagi Mas untuk project selanjutnya…”, candanya saat mengirim pesan singkat via Blackberry Messenger sambil mengirimkan model tulisan yang diinginkannya  untuk nama sang istri. Kelar setting kaki-kaki, pembuatan bodi dan pengecatan, beberapa peranti aftermarket dipasangkan untuk mempermanis tampilan akhir dari Yamaha Scorpio ini. Stang fatbar ZOX, lampu depan dan belakang aftermarket, takometer dan beberapa peranti lain yang disesuaikan dengan tampilan akhirnya. Agar tenaga Yamaha Scorpio ini tetap maksimal untuk menghela ban gambot diburitan, pengabut bahan bakar yang semula model vacuum ditukar dengan karburator Keihin PE28 dan dan filter udara TDR, sementara aliran gas buang diperlancar dengan knalpot racikan Flash Custom Muffler.

Kelar project Yamaha Scorpio yang dijuluki The Red Tracker ini langsung coba dibawa saat gelaran Otobursa Tumplek Blek 11-12 Mei 2013 lalu dan ternyata mampu memberikan tanggapan dan respon positif dari setiap pengunjung yang datang di stand STUDIO MOTOR Custom Bike. Harmonisasi warna dan bentuk cukup membuat tampilan keseluruhan menjadi eye catching. “Gak sabar nunggu motor itu sampai di Samarinda Mas…mau langsung saya ajak riding sekitaran Samarinda…”, ucap Bro Ipah sesaat setelah dikirimkan foto Yamaha Scorpio Street Tracker-nya. Don’t forget Bro, called your bike THE RED TRACKER!.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Teleskopik 41 mm Yamaha Byson
  • Velg Depan TK Japan 18X3.00 Inch + Shinko SR428 130/80-18
  • Velg Belakang Custom 14X5.00 Inch + Shinko SR428 180/80-14
  • Stang ZOX
  • Karburator Keihin PE28
  • Filter Udara TDR
  • Rantai + Gir TK Japan
  • Exhaust System Custom by Flash Muffler Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

 

3 thoughts on “THE RED TRACKER – YAMAHA SCORPIO ’08

  1. Minimalis tapi keren, bikin seger yang lihatnya om
    saya ada scorpio, kali ja mau di masukin dapur observasi disana, dengan senang hati 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *