THE REW – SUZUKI GSX750 ’80

Kustom ala Cafe Racer begitu menggoda dan mengusik perasaan Pak Heri hingga akhirnya satu unit Suzuki GSX750 Police Version diboyong ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike untuk diubah menjadi besutan ala Cafe Racer. “Konsep ubahan yang saya mau lebih ke arah modern Cafe Racer Mas, yang asik sih bentuk seperti Triumph Cafe Racer racikan Mecatwin Mas, seneng saya lihat cekungan di bagian tangkinya Mas…”, ujar pria yang usahanya bergerak di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia ini. Pilihan dari basic Suzuki GSX750 karena memang motor ini merupakan salah satu produk yang cukup berhasil dilepas oleh Suzuki Motorcycle Japan, dengan konfigurasi mesin 4 silinder inline 63 Bhp twincam dengan pendingin udara menjadikan motor ini banyak digunakan oleh instansi kepolisian dibeberapa negara hingga akhirnya terkenal dengan sebutan GSX750 Police Version.Usai diskusi dengan Pak Heri mengenai detail konsep ubahan dan part-part yang akan dijejalkan pada project kustom Suzuki GSX750 ini maka dimulailah tahapan proses pengerjaannya.

Proses pengerjaan pertama kali tetap dititik beratkan pada penggantian di sektor kaki-kaki, shock depan asli bawaan motor diganti dengan shock upside down kepunyaan Suzuki GSXR-600. Lingkar velg TK Japan 18X3 Inch melilit karet bundar Shinko 011 120/70-18. Dibagian belakang lengan ayun bawaan motor dipertahankan, berdampingan dengan shock YSS membuat peredaman yg dihasilkan cukup maksimal. Untuk bagian roda sendiridibagian belakang cukup percaya diri menyandingkan velg TK Japan 18X3.50 Inch dengan ban Avon Cobra 180/55-18. “Kaki-kaki sudah kekar dan mantap Mas, tinggal bodi yang gak sabar saya mau lihat hasil akhirnya…”, ucap pria bersahaja ini. Masih tetap mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm bagian bodi dibentuk seperti apa yang diinginkan oleh Pak Heri, dengan bentuk tangki membulat layaknya Triumph 800 Mecatwin. Agak sedikit berbeda dibagian buritan yang justru dibuat sedikit lebih mengotak. Kelar proses pengerjaan bodi lanjut Komet Studio yang merupakan lini painting dan airbrush STUDIO MOTOR ambil bagian, laburan warna merah dengan stripping line silver hitam plus putih dengan material cat dan pernis keluaran sikkens dibuat untuk lebih mencitrakan sang mpu-nya motor dengan indentitasnya sebagai warna negara Indonesia. Dibagian proses finishing Pak Heri wanti-wanti untuk memasangkan stang jepit copotan Suzuki GSXR-600, footstep sendiri menggunakan lebalan Nui Project dan pamungkasnya knalpot dengan konfigurasi 4-2 racikan Flash Muffler Custom membuat suara yang dihasilkan jauh lebih bertenaga dan khas mesin empat silinder.

Kelar proses pengerjaan THE REW dicoba langsung untuk riding Jakarta – Yogyakarta di bulan Oktober lalu dan praktis tanpa hambatan. “Posisi riding menunduk ala Cafe Racer memang bikin sedikit pegal dibagian punggung Mas, tapi buat saya ini resiko dari sebuah keinginan kustom, tapi yang pasti saya puas dengan tampilan akhirnya…”, ucap Pak Heri saat menjajal langsung motornya ini. Tampilan resik THE REW dengan konsep Cafe Racer yang cukup tegas juga membuat beberapa orang yang datang tertarik dengan wujud akhirnya. Bagi Pak Heri sendiri dengan project perdana ini cukup mempertegas kesukaannya dengan motor-motor kustom, surprised-nya adalah bapak satu anak ini sedang menyiapkan project lanjutan dengan basic mesin Shovelhead Harley Davidson. You rocks Sir!!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Upside Down Suzuki GSXR-650
  • Velg Depan TK Japan 18X3 Inch + Shinko 011 120/70-18
  • Velg Belakang TK Japan 18X3.50 Inch + Avon Cobra 180/55-18
  • Shock Belakang YSS
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Master + Kaliper Rem Tokico
  • Filter Udara TDR
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *