THE ROCKS – S&S TWIN CAM 1800 ’12

Mengerjakan project custom yang benar-benar dimulai dari nol dengan pengorbanan effort yang luar biasa terkadang banyak dihindari oleh beberapa orang yang baru pertama kali akan mencoba merasakan sensasi motor-motor hasil rancang bangun dari workshop-workshop modifikasi yang saat ini tumbuh subur di Indonesia. Alasan waktu dan biayalah yang sering kali terdengar menyangkut hal tersebut. Tapi untuk satu ini tidak berlaku bagi Danny Halim, pria yang berdomisili di Surabaya ini malah menginginkan untuk membuat satu project custom yang betul-betul dimulai dari nol. “Saya memang suka dunia otomotif sejak dari dulu Mas, dan menurut saya dengan kita mulai dari sebongkah mesin adalah kenikmatan, secara berurutan saya bisa melihat setiap tahapan dari proses yang dilakukan…”, begitu ucap pria ramah ini saat untuk pertama kalinya berdiskusi via telepon.Pilihan mesin yang dipilih Bro Danny pun tidak tanggung-tanggung, jatuh pada mesin V-Twin keluaran S&S Cycle Perfomance dengan isi silinder total 1800 cc lansiran tahun 2012. S&S Cycle yang didirikan oleh George J. Smith dan Stanley Stankos pada tahun 1958 di Illinois – Amerika Serikat ini memang dikenal sebagai perusahaan industri manufaktur yang memproduksi part-part untuk V-Twin Engine dengan standar high performance. “Setelah dipikir-pikir memang paling pas kalau kita pakai mesin S&S untuk mendukung project American Pro Street yang saya idam-idamkan Mas…”, sambung Bro Danny disela-sela diskusi awal untuk memulai project impiannya tersebut. Kelar diskusi soal konsep dan juga seluruh perangkat pendukung yang akan dipasangkan maka dengan segera rangkaian proses pengerjaan dimulai.

Awal pengerjaan fokus pada merancang rangka bangun sasis yang akan dijejalkan mesin dari negeri Paman Sam tersebut. Dibuat dari material pipa seamless dengan proses pengerjaan selama satu bulan termasuk dengan proses trial and error dari sisi desain agar rancang sasis ini dapat semaksimal mungkin terlihat harmonis dan juga sempurna dari sisi kekuatannya. Rake dibuat dengan sudut 42 derajat sesuai dengan konsep yang diinginkan Bro Danny. Untuk bagian belakang sistem suspensi menganut sistem rangka softail dengan perpaduan dua shock dibagian bawah frame dengan linkcage untuk memaksimalkan kerja suspensi demi mempertahankan kenyamanan saat diajak riding. Kelar proses pengerjaan seluruh bagian sasis dan lengan ayun diguyur dengan warna merah maroon dengan cat dan pernis keluaran Sikkens. Masuk tahap selanjutnya adalah memasang mesin yang sudah disiapkan ke sasis yang telah dibuat. Mesin S&S Twin Cam Series 1800 CC dipadu dengan transmisi 6 speed keluaran Rev Tech bersanding manis dengan sasis handmade ala American Pro Street. Beralih ke bagian suspensi depan Bro Danny cukup percaya diri untuk tetap memasang shock teleskopik asli bawaan HD Softail, hanya saja untuk segitiga atas dan bawah dan raiser handlebar dibuat ulang dengan mengandalkan material alumunium dengan finishing polish demi memberikan kesan resik. Giliran setelahnya adalah mempertimbangkan kombinasi lingkar roda depan dan belakang yang akan dipasang. Dari hasil diskusi diputuskan menggunakan velg custom handmade depan dan belakang dengan model big spoke ala velg keluaran Fat Daddy. Dibagian depan dipasangkan velg dengan dimensi 19X3.00 Inch berpadu ban Avon Cobra 120/70-19, sementara untuk buritan dipasang dengan dimensi 18X8.50 Inch yang bersanding dengan ban Avon Cobra 240/45-18. Setelah motor berdiri sempurna gantian bodi dikerjakan, tangki ala tear drop dibuat dengan mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm termasuk juga untuk bagian rear fender. Setelahnya Komet Airbrush melabur dengan warna merah maroon untuk menyesuaikan dengan warna sasis. Dipadu motif pen stripping dan juga guratan wajah tengkorak di bagian atas tangki serta spatboard belakang dipilih demi sedikit menampilkan kesan gahar. Pamungkas dari seluruh proses pengerjaan adalah menjejalkan peranti-peranti pendukung yang dirasa dapat semakin mengentalkan wujud akhir berkonsep American Pro Street. Dimulai dari membuat stang custom dengan finishing chrome yang dipercantik dengan lampu depan labelan Arlen Ness, forward control Custom Chrome, Chrome Spike Air Cleaner dan juga lampu sen iron cross led dari Maltesse. Upaya peningkat performance juga didukung dengan mengganti perangkat pengapian bawaan mesin dengan Daytona Twin Tec Ignition, sementara saluran buang custom racikan Asky Muffler membuat suara yang dikeluarkan sangat menggelegar.

Tuntas pengerjaan dari project custom milik Bro Danny yang dinamakan THE ROCKS ini memberikan kepuasan yang sangat tinggi bagi kami di STUDIO MOTOR Custom Bike yang secara 100% mengerjakan motor ini dari nol. Dengan dibantu beberapa pihak yang memiliki pengalaman dengan rancang bangun sasis serta sektor mesin membuat project yang dikerjakan selama hampir 6 bulan tersebut memberikan sensasi tersendiri bagi kami dan juga Bro Danny sebagai sang mpu-nya motor. Bagaimana tidak? karena hampir sebagian peranti yang terpasang di THE ROCKS benar-benar dikerjakan manual si secara handmade. Pun begitu saat THE ROCKS diikutsertakan di gelaran Kustomfest 2013 bulan Oktober lalu sukses merebut gelar 2nd Winner di kelas American Pro Street, kelas yang cukup bergengsi karena banyak diikuti kontestan pada gelaran tersebut. “Senang dengarnya Mas, pengorbanan kita paling tidak enggak sia-sia, THE ROCKS masih mendapatkan gelar, semoga saja untuk tahun depan bisa lebih baik lagi…” tutup pria yang memiliki usaha dibidang pertambangan ini disela-sela menyaksikan langsung THE ROCKS di ajang Kustomfest 2013 lalu. Sssttt…ternyata itu tidak membuat Bro Danny berpuas diri, saat inipun THE ROCKS sedang proses pembuatan secara total bodi untuk menggantikan bodi atau tampilam lama. Hal ini diminta Bro Danny demi memenuhi keinginannya untuk menyiapkan motor kesayangannya ini mengikuti gelaran Art Of Speed di Malaysia tahun 2014 mendatang. You Rocks Bro!!!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Frame Custom bu STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Engine S&S Twin Cam Series 1800 CC
  • Open Belt Ultima
  • Transmisi 6 Speed Rev Tech
  • Velg Depan Big Spoke Custom 19X3.00 Inch + Avon Cobra 120/70-19
  • Velg Belakang Big Spoke Custom 18X8.50 Inch + Avon Cobra 240/45-18
  • Raiser Handlebar Custom
  • Handlebar Custom
  • Triple Three Custom
  • Lampu Depan Arlen Ness
  • Lampu Sen Iron Cross Led Maltesse
  • Chrome Spike Air Cleaner
  • Forward Control Custom Chrome
  • Hand Grip Avon Nostalgic Black
  • Gir Billet + Rantai TK Gold
  • Exhaust System by Asky Muffler

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *