THE SCORCRAMBLER – YAMAHA SCORPIO 225 ’06

 

Rasanya pantas juga kalo Yamaha Scorpio 225 lansiran 2006 ini dinamakan The Scorcrambler yang artinya Scorpio Scrambler. Sengaja dibuat dengan sedikit mengacu tampilan Triumph Scrambler karena memang pemilik motor ini, Andhy Andriyawan, menginginkan motornya dibuat dengan konsep ala scrambler. “Ini motor pernah di kustom di tempat lain Mas, tapi jujur saya kurang puas Mas makanya sekalian saya rubah saja bentuknya Mas…”, begitu ucap pria yang berdomisili di Banjarmasin ini saat mengungkapkan apa yang diinginkannya. Diskusi soal konsep dan pemilihan part-part pendukung dilakukan via telepon dengan beberapa masukan dari Bro Andhy sebagai pemilik motor. Sepakat dengan apa yang menjadi acuan maka dimulailah proses pengerjaan Yamaha Scorpio ini.

Langkah awal fokus pada instalasi sektor kaki-kaki, bagian depan menggunakan shock depan copotan Yamaha Byson yang memang cukup populer karena sudah memiliki diameter as teleskopik 41 mm. Bagian roda depan menggamit velg TK Japan 18X3.00 inch dan ban Dunlop Scrambler K180 120/90-18. Di bagian buritan lengan ayun custom berbahan material pipa seamless 1.25 inch dipercaya menggantikan lengan ayun bawaan motor sekaligus mengganti sistem peredam kejut dari monoshock menjadi double shock menggunakan shock YSS Z-Series. Lingkar roda mengandalkan velg TK Japan 18X3.00 inch dengan ban yang sama dengan bagian depan, Dunlop Scrambler K180 130/80-18. Tuntas pemasangan sektor kaki-kaki lanjut ke pengerjaan bodi, wadah penampung bahan bakar dibuat sesuai acuan dari Bro Andhy dengan menggunakan material plat galvanil 1.2 mm termasuk juga untuk spatboard depan dan belakang. Dilanjut dengan melabur bodi dengan warna merah candy yang secara total di buatkan grafis mengikuti pola batik parang kusumo, disini Komet Studio selaku eksekutor proses pengecatan dan airbrush memberikan sedikit garis putih dibagian bawah tangki sebagai pemanis. Untuk material cat dan pernis tetap dipercayakan pada labelan Sikkens. Pamungkas dari pengerjaan beberapa peranti dipasangkan untuk menunjang harmonisasi dari project kustom Yamaha Scorpio ini, dimulai pemasangan stang ala fat bar, lampu depan dan belakang aftermarket serta takometer keciluntuk indikator putaran mesin. Guna menunjang performa dijejalkan karburator Keihin PWK 28 dan juga saluran buang kustom racikan Flash Muffler Custom.

Selesai proses pengerjaan lahirlah wujud baru Yamaha Scorpio idaman Bro Andhy yang dijuluki The Scorcrambler. “Mantap Mas, desain vintage plus campuran unsur budaya dengan airbrush motif batik pas banget dengan apa yang saya impikan…”, ucap pria ramah ini. Kehandalan performa Yamaha Scorpio ini pun cukup dirasakan saat sesi riding untuk menjajal The Scorcrambler. Harmonisasi warna dengan pemilihan part yang pas juga turut membuat beberapa orang yang kebetulan datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike memberikan apresiasi positif terhadap hasil akhir kustomisasi Yamaha Scorpio ini. Welcome to Borneo The Scorcrambler.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Teleskopik 41 mm
  • Velg TK Japan 18X3.00 Inch (Front & Rear)
  • Ban Dunlop Scrambler K180 120/90-18 & 130/80-18
  • Swing Arm Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Shock Belakang YSS Z-Series
  • Karburator Keihin PWK 28
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

10 thoughts on “THE SCORCRAMBLER – YAMAHA SCORPIO 225 ’06

  1. Mas kirim email ya, mau bangun scorpio juga dimodif model estrella atau sejenisnya plus minta kisaran biaya taksirannya

  2. Keren mas donny modifnya
    Boleh minta kirim biaya estimasi modif nya mas, penasaran hbs brp ?? Mksh sblmnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *