THE SECOND BLUSTER – KAWASAKI NINJA 250 ’11 (#10)

Tertarik untuk mengubah tampilan Kawasaki Ninja 250 rakitan tahun 2011 membuat Ismail Saleh pasrah mengirim motor kesayangannya ke Jakarta untuk digarap bergaya Scrambler seperti apa yang diidamkannya selama ini. “Style ala Scrambler terlihat asyik Mas, lebih nyaman diajak riding dan yang pasti dengan tampilan kustom membuat kita terlihat beda saat riding…”, begitu ucap pria yang akrab disapa Koko ini saat menyampaikan apa yang diinginkannya. Pun begitu salah satu yang mendorong pria lajang ini merombak total wujud asli motor kesayangannya tersebut juga didasari pada kecintaan dan hobinya di dunia Otomotif sehingga saat diskusi soal konsep dan penggunaan part yang akan dijejali lebih mengalir dan secara cepat disepakati walau dilakukan via telepon.Usai disetujui keseluruhan konsep dan pemilihan part-part yang diinginkan oleh Bro Koko maka dimulai proses pengerjaan motor yang secara garis besar ubahannya terinspirasi dari ubahan Kawasaki Ninja 250 THE BLUSTER yang pernah dibuat oleh STUDIO MOTOR.

Tahap awal pengerjaan fokus pada mengganti keseluruhan perangkat kaki-kaki bawaan motor. Dibagian depan Bro Koko sudah menyiapkan satu set Upside Down copotan Suzuki GSXR-1000 untuk mengganti shock depan teleskopik original motor. Untuk lingkar roda sendiri dipilih Velg jari-jari TK Japan 18X3.00 Inch dengan dipadu karet bundar Shinko E705 120/80-18. Dibagian buritan lengan ayun original Ninja 250 tetap dipertahankan, hanya saja sistem peredam kejut yang aslinya monoshock dirubah double shock dan sedikit memanjangkan lengan ayun bawaan motor. Untuk peredam kejutnya sendiri dipercayakan pada shock YSS Z-Series 360 mm. Untuk roda belakangnya dipilih velg TK Japan 18X3.50 Inch berpadu dengan ban Shinko E705 150/70-18. Tuntas aplikasi kaki-kaki baru giliran bagian bodi digarap, bermodalkan plat galvanil 1,2 mm tangki dibuat dengan mengambil konsep bentuk ala tangki Triumph dengan bentuk rounded-nya yang khas. Sementara bagian spatboard depan – belakang serta cover accu dibentuk minimalis mengacu pada keinginan Bro Koko membuat wujud motornya lebih simpel. Kelar pengerjaan bodi dan sedikit ubahan dibagian sub frame (rangka belakang) lanjut ke proses pengecatan. Komet Studio melabur bagian tangki dengan warna abu-abu plus guratan stripping dibagian atas kanan tangki dan warna hitam dibagian spatboard depan – belakang serta cover accu. Untuk material catnya sendiri dipilih keluaran Sikkens termasuk juga untuk pernisnya. Di pengerjaan akhir beberapa peranti penunjang dipasang demi memaksimalkan konsep Scrambler yang diusung. Stang fatbar keluaran Pro Bikers, lampu depan dan belakang aftermarket serta penggunaan knalpot custom 2 in 1 racikan Flash Muffler Custom membuat wujud akhir motor yang dijuluki THE SECOND BLUSTER ini menjadi lebih beraura.

Rampung seluruh rangkaian pengerjaan membuat apa yang diidamkan Bro Koko menjadi kenyataan, wujud akhir dari konsep Scrambler yang diusung dengan kaki-kaki yang kekar memberikan warna tersendiri dari ubahan Kawasaki Ninja 250 kali ini. “Pas seperti apa yang saya inginkan Mas, hanya mungkin akan saya tambahkan peranti Takometer untuk bisa memantau putaran mesin tiap waktu, tapi secara keseluruhan tampilannya sudah oke banget Mas, gak sabar pengen segera saya ajak riding di Lampung…”, begitu ungkap pria yang berdomisili di Bandar Lampung ini. Let’s ride your bike Dude…!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Upside Down Suzuki GSXR-1000
  • Velg TK Japan 18X3.00 Inch & 18X3.50 Inch
  • Ban Shinko E705 120/80-18 & 150/70-18
  • Shock Belakang YSS Z-Series 360 mm
  • Rantai TK Japan Gold
  • Stang Pro Bikers
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *