THE SOUL – HARLEY DAVIDSON SOFTAIL TC ’10

Maraknya dunia kustom di Indonesia berimbas juga pada semakin banyaknya orang yang ingin memiliki besutan custom demi menciptakan aura personal pada diri sendiri. Hal ini juga terjadi pada Andri Hartono, alih-alih sebelumnya sudah memiliki sebuah Harley Davidson Sportster XL1200 Forty Eight tidak membuat pria yang akrab disapa Andri ini puas. “Pengen punya besutan baru dengan engine yang lebih besar tetapi dengan model bobber Mas, simpel tapi terlihat kekar…”. Begitu ucap pria yang berdomisili di Sukabumi – Jawa Barat ini. Pilihan dijatuhkan bukan dari membeli sebuah motor lalu di kustom, tetapi justru keinginannya membangun dari nol berbekal mesin dan sasis dari tipe Harley Davidson Softail keluaran tahun 2010.Konsep kustom dijabarkan langsung oleh Bro Andri lewat diskusi via email, setelah disepakati termasuk juga pemilihan part-part yang diinginkan Bro Andri maka dimulailah proses pengerjaan Harley Davidson Softail yang setelah selesai diberi nama THE SOUL ini.

Setelah engine dan sasis sukses tiba di workshop STUDIO MOTOR proses pengerjaan dimulai dari tahapan awal melakukan setting dibagian kaki-kaki. Shock depan bawaan Softail dijejalkan dan bersanding dengan lingkar roda 16X3.00 inch yang dipasangkan ban klasik Coker Beck Whitewall 5.00-16. Sementara dibagian belakang velg 16X3.50 inch dipadupadankan dengan ban yang serupa dengan bagian depan, Coker Beck Whitewall 5.00-16. “Kombinasi yang pas Mas, kesan bobber yang kental bertemu dengan aura klasik dibagian roda. Kelar pengerjaan sektor kaki-kaki giliran bodi digarap, tangki dan spatboard belakang dibentuk demi mengejar tampilan bobber klasik seperti yang diimpikan Bro Andri. Setelahnya giliran Komet Studio ambil bagian, seluruh bagian bodi dilabur warna merah yang beri sentuhan gradasi orange dengan kombinasi hitam dibagian sisi tangki. Untuk material cat dan pernis dipercaya pada labelan Sikkens. Tuntas pengerjaan bodi giliran sentuhan akhir diberikan, stang U-Bar custom 14 inch dipasang untuk memberikan kenyamanan saat diajak riding, air cleaner lansiran RSD menggantikan air cleaner bawaan mesin termasuk juga merubah sistem kerja pengabut bahan bakar dari injection menjadi karburator. Untuk saluran buang dipercayakan pada pilihan Vance & Hines Big Radius 2 in 2. Untuk mempermanis dan memberikan sisi fungsional dibagian lengan ayun kiri disematkan saddle bag yang merupakan bawaan HD Softail.

Kelar proses membangun motor ini dengan secara keseluruhan berwujud bobber yang kental sedikit banyak memberikan opsi terhadap banyak orang yang ingin mewujudkan keinginannya memiliki sebuah motor kustom tanpa harus sebelumnya membeli unit dari motor yang diinginkan. Banyak keuntungan dari apa yang dilakukan seperti motor milik Bro Andri ini, mulai dari kebebasan memilih part yang akan dijejalkan hingga secara personal motor dapat disesuaikan dengan fisik sang mpu-nya. “Hasilnya simpel tapi berkarakter Mas, apalagi kita bisa memilih peranti-peranti yang pas dengan wujud akhir dari motor ini sendiri…”, ucap pria ramah ini saat ditunjukkan hasil dari pengerjaan motornya. Just called this bike THE SOUL Guys…cause’ we build with our soul and passion.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg 16X3.00 Inch & 16X3.50 Inch Spoke Wheels
  • Ban Coker Beck Whitewall 5.00-16
  • Forward Control Bikers Choice
  • Air Cleaner RSD
  • Handlebar U-Bar 14 Inch Custom
  • Exhaust Vance & Hines Big Radius 2 In 2

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *