THE SPECIAL ONE – HARLEY DAVIDSON SOFTAIL 1340 ’96

Bukan karena kami ngefans dengan Jose Maurinho, pelatih kesebelasan Real Madrid, hingga kami menjuluki HD Softail 1340 lansiran 1996 milik Bro Iwan ini dengan julukan The Special One, tapi memang banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi hingga akhirnya sang The Special One pun bisa lahir mewarnai kancah industri custom motorcycle di Indonesia. Dimulai dengan kedatangan pria yang juga hobby mobil-mobil klasik dan sport ini ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike menyampaikan keinginannya untuk membangun sebuah motor bermodalkan mesin Harley Davidson Softail Evolution dengan isi silinder 1340 cc dan juga sasis asli bawaan motor. “Pengen buat ala Pro Street Mas, dengan konsep yang gahar full, ngebayangin dilabur warna hitam doff Mas…”, begitu ungkap Bro Iwan saat berdiskusi soal ubahan yang akan dilakukan. Berbekal konsep yang dibawa langsung olehnya dan sepakat dengan peranti-peranti yang akan digunakan, pengerjaanpun dimulai.

Proses awal dimulai dengan menyiapkan part-part peranti dibagian kaki-kaki, lingkar velg dibuat custom model monoblock dengan bahan dasar alumunium berdimensi 18X4,5 Inch untuk depan dan 18X8 Inch untuk bagian belakang. Velg tersebut dipadukan dengan ban Avon Cobra 180/55-18 dan 240/40-18 dibagian depan dan buritan. Lengan ayun asli bawaan sasis dilungsurkan untuk dibuatkan lengan ayun custom agar lingkar roda gambot dibelakang bisa masuk dengan pas. Di bagian shock depan menurut Bro Iwan masih dirasa cukup menggunakan shock teleskopik bawaan asli dari HD Softail. Kelar proses seting di area kaki-kaki lanjut ke proses pengerjaan bodi. Masih tetap mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm bagian tangki dan spatboard belakang dibuat, setelah selesai dilanjutkan oleh Komet Studio melabur bodi dengan warna hitam doff dan guratan pen stripping dibagian atas tangki dan spatboard. Disini proses perubahan hingga tampil seperti sekarang dimulai. Kelar proses pengecatan dan dicoba dipasangkan ke motornya justru membuat Bro Iwan meminta tangki untuk dirubah. “Kok sepertinya kurang pas yah Mas, dibuatkan lagi saja deh Mas tangki yang baru dan untuk finishing cat saya serahkan ke Mas Donny untuk berkreasi saja…”, ujarnya sambil tersenyum saat menjelaskan keinginan barunya. Plus juga saat melihat shock depan Upside Down labelan Celiani, muncul niat Bro Iwan untuk menggantinya shock asli yang masih teleskopik dengan shock depan Upside Down. Pengerjaan tangki baru dilakukan, desainnya dibuat ala semi tear drop dan juga tidak lupa untuk memasangkan Upside Down Celiani yang memang merupakan peranti aftermarket untuk Harley Davidson. Diproses pengecatan yang baru coba mengajukan ke mpu-nya motor untuk kita buat sedikit extra ordinary, melabur warna orange dibagian sisi kiri dan kanan tangki serta spatboard yang ditambahkan guratan airbrush burung elang khas Harley Davidson. Untuk bagian atas tangki dan spatboard mencoba berkreasi dengan menggambar langsung menggunakan pensil diatas bodi dengan gambar-gambar yang sedikit menceritakan sejarah pabrikan Harley Davidson lengkap dengan lukisan para founder-nya, Wm. A. Davidson – Walter Davidson – Arthur Davidson – William S. Harley, dibagian spatboard belakang. Finishing dari pengecatan digunakan lapisan pernis lansiran Spies Hecker untuk dapat menonjolkan tampilan wet look dihasil akhirnya. Pamungkas beberapa peranti dipasangkan, open belt labelan BDL, kaliper depan PM, stang dan raiser custom, spion Arlen Ness, kaliper belakang GMT, hand control Custom Chrome serta knalpot custom free flow racikan Asky Muffler.

Kelar proses pengerjaan The Special One terbersit rasa puas dan bangga dari hasil akhirnya. Dimata kami mampu memberikan hasil yang sempurna untuk sebuah ubahan ala Pro Street Bobber. Banyak sekali komen positif dari setiap orang yang singgah ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike. Pun begitu dengan sang mpu-nya motor, “Cakep Mas, saya gak bisa komen apa-apa selain suka dengan tampilan akhirnya…”, tutupnya saat melihat hasil dari project-nya kali ini. Yeahhh…The Special One was born!!!

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Shock Depan Upside Down Celiani
  • Lengan Ayun Belakang Custom
  • Open Belt BDL
  • Velg Custom Monoblock 18X4,5 Inch & 18X8 Inch
  • Ban Avon Cobra 180/55-18 & 240/40-18
  • Footstep PM
  • Kaliper Depan PM
  • Kaliper Belakang GMT
  • Lampu Depan Aftermarket
  • Hand Control Custom Chrome
  • Exhaust Custom by Asky Muffler

 

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *