THE STINGRAY – YAMAHA V-MAX 1200 ’95

Kebebasan berekspresi dan memiliki hobi pada seseorang bisa ditumpahkan pada beragam media, hal ini berlaku juga pada Wawan Dalbo. Pria ramah ini memang betul-betul mencintai dunia otomotif baik roda dua maupun empat, ini ditandai dari beberapa koleksinya yang mampu menyihir siapapun yang melihat. Beberapa varian mobil dan motor klasik yang notabene masuk dalam ranah collector item dimiliki oleh Mas Wawan, begitu dia biasa disapa, dan terawat dengan baik dan sangat rapih di garasi rumahnya. “Saya gak terlalu fanatik antara tampilan orisinil dan tampilan kustom Mas, makanya beberapa koleksi saya juga sudah banyak yang saya modifikasi dan beberapa malah sering saya ikutkan di event kontes skala nasional…”, begitu ucapnya saat bertandang ke workshop STUDIO MOTOR. Pun begitu saat baru saja meminang satu unit Yamaha V-Max 1200 lansiran tahun 1995 langsung digiring ke workshop STUDIO MOTOR untuk diubah bentuk seperti apa yang diinginkan oleh sang mpu-nya motor.Diskusi detail ubahan dan pemilihan peranti yang akan dijejalkan berlangsung cukup singkat karena Mas Wawan menginginkan untuk memilih peranti yang secara fungsional bisa memberikan kenyamanan dan keamanan saat motor ini diajak riding. Setelah sepakat maka dimulailah proses pengerjaan motor yang mulai diproduksi oleh Yamaha Motor Corporation Japan sejak tahun 1985 ini.

Proses awal pengerjaan melucuti seluruh bodi bawaan motor untuk bertukar tempat dengan bodi baru yang dibuat handmade sesuai dengan apa yang diminta pemilik motor. Mengandalkan plat galvanil 1.2 mm keseluruhan bodi dibuat dengan sedikit mengacu konsep Yamaha V-Max racikan Marcus Walz. Finishing pengerjaan bodi mengkombinasikan lapisan resin karbon kevlar dengan warna hitam doff dibeberapa bagian. Untuk sektor kaki-kaki shock depan bawaan motor dilungsurkan dan diganti dengan shock Upside Down copotan Ducati lengkap dengan perangkat rem Brembo bawaan Ducati. Untuk piringan cakram tetap menggunakan bawaan motor karena velg juga masih tetap menggunakan orisinil Yamaha V-Max. Sedikit sentuhan dibagian velg dengan melabur warna hitam dengan tehnik Powder Coating. Untuk bagian belakang sistem penggerak roda dengan model gardan tetap dipertahankan, sementara peredam kejut belakang dipercayakan pada keluaran Kayaba dengan sistem double progressive untuk handling yang mumpuni. Karet bundar dipilih Avon Storm dengan ukuran 120/70-19 dan 170/80-15 untuk depan dan buritan. Mengejar kenyaman saat riding stang dipasang lansiran Fat Bar dengan raiser kustom yang dibuat lebih mundur ke belakang, sementara lampu depan dipasang kepunyaan HD VRod yang memang memiliki model sangat pas dengan konsep yang diusung. Sektor mesin dilakukan sedikit peremajaan dengan mengganti beberapa parts yang sudah uzur demi mengembalikan performa asli dari konfigurasi engine V4 1,197 cc (73.0 cu in) liquid-cooled DOHC 70°. Pamungkas untuk semakin memantapkan performa Mas Wawan menginginkan untuk dipasangkan saluran buang keluaran Akrapovic demi mengejar keluaran suara yang menggelegar dan tenaga yang semakin beringas.

Kelar proses ubahan Yamaha V-Mas 1200 yang dijuluki THE STINGRAY ini sedikit banyak mampu memberikan kepuasan tersendiri untuk sang mpu-nya motor. “Tampilan yang terkesan sangar pas diimbangi dengan tenaga yang sangar juga Mas…”, ungkapnya saat melihat dan menjajal motor yang dimiliknya tersebut. Terlebih tampilan baru dari V-Max ini juga berhasil menggusur tampilan asli yang sudah sangat terlihat ketinggalan jaman. Bagi kami juga ada kepuasan tersendiri mampu menaklukkan motor yang sangat terkenal dengan kebuasan mesinnya tersebut. Mendengar raungan suara yang dikeluarkan langsung terbayang dalam benak apa yang diinginkan oleh Atsushi Ichijo dan Akira Araki dari Yamaha Motor Corp. saat mendesain dan memimpin proses development monster dari Jepang ini.

Spesifikasi :

  • Body Kustom by STUDIO MOTOR
  • Upside Down Ohlins ex. Ducati
  • Kaliper Depan Brembo
  • Ban Depan Avon Storm 120/70-19
  • Ban Belakang Avon Storm 170/80-15
  • Stang Fat Bar
  • Lampu Depan HD VRod
  • Shock Belakang Kayaba Progressive 340 mm
  • Exhaust System Akrapovic

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *