THE TRICORE – HONDA CB650 ’81

Tidak sulit bagi Achmad Harijanto untuk sedikit berpaling ke Honda CB650 yang notabene merupakan motor racikan Jepang setelah sekian lama memilih Harley Davidson sebagai besutan kegemarannya. Pilihan tersebut dimulai semenjak pria yang memiliki beberapa motor Harley Davidson, termasuk salah satunya HD Trike Ultra Classic, mulai melihat booming kustom ala Cafe Racer. “Mulai suka lihat motor-motor yang bergaya Cafe Racer Mas, pilih motor Jepang karena menurut saya lebih cocok apalagi dengan bentuk mesin empat silinder segarisnya lebih menonjolkan kesan kekar menurut saya…”, begitu ucap pria yang akrab disapa Mas Hari ini saat berdiskusi di workshop STUDIO MOTOR Custom Bike. Untuk pilihan motorpun bukan sembarangan bagi Mas Hari, jatuh ke motor yang cukup sukses dijamannya bahkan saat ini menjadi salah satu produk yang cukup melegenda bagi pabrikan Honda Motor Japan. Berkonsep middleweight motorcycle yang berbasis mesin empat silinder segaris dengan isi silinder total 626 cc SOHC dan keluaran tenaga 63 Hp @ 9000 Rpm menjadikan Honda CB650 merupakan salah satu motor yang cukup laris dijamannya. Usai diskusi mengenai konsep ubahan serta detail-detail parts yang akan dijejalkan maka dimulailah proses pengerjaan Honda CB650 lansiran 1981 ini.

Fokus pengerjaan awal diprioritaskan pada mengganti kaki=kaki bawaan motor, shock depan upside down lengkap dengan master serta kaliper radial kepunyaan Yamaha R6 memberi andil menampilkan kesan kekar dibagian depan. Sementara untuk bagian belakang lengan ayun Honda CB400 SuperFour berpadu dengan shock belakang progressive kepunyaan Harley Davidson XR1200X semakin mempertegas tampilan berotot di motor ini nantinya. Cukup unik dibagian lingkar roda, velg asli Comstar palang 5 bawaan motor yang memiliki dimensi 19X2.15 inch dan 18X2.15 inch dirombak untuk bisa dipasangkan ban lebar sesuai dengan permintaan Mas Hari. Karena itu lingkar velg di buatkan baru dengan material alumunium hingga akhirnya dapat merubah ukuran velg menjadi 19X3.00 Inch untuk depan dan 18X4.50 inch untuk belakang, hasilnya ban Avon Cobra 120/70-19 dan 160/70-18 sukses dipasang. Kelar bagian kaki-kaki giliran lanjut ke pengerjaan bodi, mengandalkan plat galvanil 1.2 mm bagian tangki dan buntur dibuat seperti yang diinginkan Mas Hari, desain membulat di kedua bagian tersebut memperjelas wujud kustom ala Cafe Racer. Tuntas pengerjaan bodi giliran Fahmi dari Free Flow – Bandung ambil bagian di proses painting dan airbrush. Padu padan laburan warna merah dan kombinasi biru dengan efek glitter cukup membuat tampilan motor ini secara keseluruhan menjadi eye catching saat dibawa riding. “Konsep pilihan warna dan desain antara saya dan Kang Fahmi yang membuatnya Mas, cukup catchy saat berpadu dengan warna gold di upside down dan merah di shock belakang serta sasis dan mesin yang di dominasi warna hitam…”, ujar Mas Hari saat melihat tampilan motornya pasca pengerjaan pengecatan. Masih dipengerjaan finishing beberapa parts dijejali agar makin menegaskan wujud Cafe Racer sesungguhnya, stang jepit yang juga copotan Yamaha R6, footstep NUI Project, lampu-lampu yang simpel, dan beberapa part lain mampu menampilkan kesan harmonis di hasil akhir pengerjaan Honda CB650 ini. Pamungkas dari itu semua adalah saluran buang berkonfigurasi 4-2 racikan Flash Muffler Custom dibuat khusus hingga mampu mengeluarkan suara yang sangat bertenaga.

Setelah selesai pengerjaan THE TRICORE, motor ini dibawa langsung ke Yogyakarta saat gelaran Kustomfest 2013 bulan Oktober lalu, cukup banyak respon positif dari pengunjung saat melihatnya. Pun begitu saat dicoba riding hampir 100 KM-pun tenaga yang dikeluarkan Honda CB650 ini masih cukup menghentak walau usia motor ini sudah hampir 33 tahun. “Paling tidak keinginan saya  memiliki motor dengan tampilan Cafe Racer terpenuhi Mas, selebihnya penyempurnaan kita lakukan sekembalinya di Jakarta…”, ucap Mas Hari saat melihat langsung THE TRICORE digelaran Kustomfest 2013. Respon positif juga banyak dilontarkan dari beberapa orang yang kebetulan berkunjung ke workshop STUDIO MOTOR, imbasnya adalah salah satu tamu yang kebetulan datang minta dibuatkan motor dengan tampilan yang nyaris sama dengan TRICORE dan juga berbasis Honda CB650. Yup…let’s ride THE TRICORE.

Spesifikasi :

  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by Fahmi Free Flow
  • Upside Down Yamaha R6
  • Master + Kaliper Tokico
  • Swing Arm Honda CB400 Super Four
  • Shock Belakang HD XR1200X
  • Velg Comstar Custom 19X3.00 Inch & 18X4.50 Inch
  • Ban Avon Cobra 120/70-19 & 160/70-18
  • Footstep NUI Project
  • Rantai TK Japan Gold
  • Filter Udara TDR
  • Exhaust System by Flash Muffler Custom

 

 

STUDIO MOTOR Custom Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *